PERANCANGAN UNIVERSITAS BOALEMO DENGAN KONSEP ARSITEKTUR GEOMETRI

  • Muhamad Rizal Datau STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pendidikan Tinggi, Universitas Boalemo, Arsitektur Geometri

Abstract

ABSTRAK

 

                Perguruan tinggi melakukan kegiatan dalam rangka untuk menghasilkan manusia terdidik, oleh karenanya perguruan tinggi menyelenggarakan tridarmanya berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Guna pemenuhan terhadap peningkatan sumber daya manusia terdidik dan berkualitas, maka perlu adanya suatu perencanaan yang matang untuk penyediaan sarana dan prasarana yang lengkap dan sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.

                Universitas Boalemo dengan Konsep Arsitektur Geometri berlokasi di Jalan Poros Tilamuta-Marisa atau tepatnya site pada kampus STIM Boalemo yang direncanakan di atas lahan seluas 2,1 Ha. Universitas Boalemo dengan Konsep Arsitektur Geometri ini memiliki 1 unit rektorat dan 5 unit fakultas-fakultas yang terdiri dari fakultas FKM, fakultas hukum, fakultas ekonomi, fakultas ilmu sosial dan politik, fakultas keguruan dan ilmu kependidikan. Bangunan ini masing-masing terdiri dari 2 lantai ditambah dengan fasilitas olahraga dan area perparkiran.

                Penampilan bangunan secara umum menggunakan tema Arsitektur Geometri. Hal ini tampak pada layout penempatan unit-unit bangunan pada siteplan dan permainan ruang yang membentuk simetris. Selain itu kesan modern terlihat dari bentuk bangunan yang tegas dan simple sehingga memberi kesan elegan.

 

Kata Kunci : Pendidikan Tinggi, Universitas Boalemo, Arsitektur Geometri.

Published
2019-08-01
Section
Articles