REKAYASA LINGKUNGAN BINAAN SECARA BIJAKSANA DAN SESUAI KEARIFAN LOKAL (GENIUS LOCI) DI KOTA GORONTALO

  • Mohammad Annaw STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Rekayasa Lingkungan, Genius Loci, Kota Gorontalo

Abstract

ABSTRAK

 

Indonesia merupakan negara yang penuh dengan kekayaan Sumber Daya Alam, yang meliputi lingkungan hidup yang berada di sekitar kita semua. Lingkungan hidup merupakan kompleksitas dari suatu kawasan yang ada baik di suatu perdesaan maupun di perkotaan, salah satu lingkungan yang ada yaitu lingkungan alami yang dijadikan sebagai area/kawasan binaan manusia untuk mendukung segala aktivitasnya.

Menurut Frick (2006) lingkungan adalah sesuatu yang berada di luar atau sekitar mahluk hidup. Para Ahli lingkungan memberikan definisi bahwa lingkungan (enviroment atau habitat) adalah suatu sistem yang kompleks di mana berbagai faktor berpengaruh timbal-balik satu sama lain dan dengan masyarakat tumbuh-tumbuhan.

Lingkungan di katakan sehat dan ideal apabila dalam suatu lingkungan terjadi suatu interaksi antar seluruh komponen, baik itu komponen biotik maupun abiotik dan komponen sosial budaya yang saling mempengaruhi satu sama lain. Perwujudan lingkungan yang sehat dan ideal di Kota Gorontalo yakni dengan menerapkan kesadaran terhadap lingkungan dengan berbagai macam cara diantaranya : sosialisasi, himbauan, gerakan sadar lingkungan, kerja bakti, program pemberdayaan dan setersunya yang kesemuanya itu dilakukan dengan tujuan agar tercipta keberlangsungan yang harmonis dan selaras.

Keywords : Rekayasa Lingkungan, Genius Loci, Kota Gorontalo

Published
2019-08-01
Section
Articles