PERANCANGAN GEDUNG PEMENTASAN MUSIK DI KOTA GORONTALO

  • Firtzalina Leolita Lasantu STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Gedung Pementasan Musik, Edukatif, Rekreatif, Dinamis

Abstract

ABSTRAK

 

Ketidaktersediannya gedung pertunjukan yang layak secara teknis, fungsi dan persyaratan-persyaratan mendukung terciptanya suatu gedung pertunjukan yang baik. Dan aspek-aspek yang menjadi pokok permasalahan antara lain kelancaran sirkulasi, keamanan, termasuk keamanan terhadap bahaya kebakaran, serta kenyamanan akustik. Berlatar belakang kondisi di atas, dibutuhkan fasilitas yang mampu menghadapi tantangan tersebut. Gedung Pementasan Musik adalah salah satu jawaban yang dapat menjawab tantangan-tantangan di atas. Dalam skala kota pun Gedung Pementasan Musik dapat menjadi investasi pemerintah dalam bidang ekonomi dan pariwisata, sebagai penghasilan daerah dari wisatawan atau pengunjung.

Gedung pementasan musik di Kota Gorontalo berlokasi di Eks. Bioskop Ideal Jl. Wolter Monginsidi, Kelurahan Tenda Kota Gorontalo seluas 0,6 Ha. Gedung pementasan musik di Kota Gorontalo ini memiliki beberapa kelompok kebutuhan ruang yakni : Rg. Pengelola, Rg. Utama, Rg. Penunjang, Rg. Servis dan Area Parkir.

Perancangan gedung pementasan musik di Kota Gorontalo ini merupakan wadah yang berfungsi sebagai tempat pagelaran/pementasan seni musik bagi pecinta dan pelaku seni musik baik yang ada di Gorontalo maupun di sekitarnya, oleh karena itu penekanan desain yang akan digunakan ialah Edukatif, Rekreatif dan Dinamis.

 

Kata Kunci : Gedung Pementasan Musik, Edukatif, Rekreatif dan Dinamis.

Published
2019-08-01
Section
Articles