PERANCANGAN KAWASAN WISATA PANTAI LIBUO DI KABUPATEN POHUWATO

  • Sri Novita Tanaiyo STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kawasan Pantai Libuo, Rekreasi Pantai, Fasilitas Rekreasi

Abstract

ABSTRAK

 

Wisata pantai yaitu satu bentuk wisata yang berorientasi terhadap lingkungan bahari (lautan). Jenis wisata ini memanfaatkan lautan sebagai sumber daya pariwisata, baik secara langsung (berperahu, berenang, snorkling, menyelam, memancing, dan lainnya) maupun tidak langsung (kegiatan wisata yang dilakukan di bagian daratannya seperti olahraga pantai dan piknik untuk menikmati atmosfer lautan atau kegiatan lainnya).

Kabupaten Pohuwato merupakan salah satu daerah Tujuan wisata yang ada diProvinsi Gorontalo terletak di jalur pantai selatan Provinsi Gorontalo. Posisi ini merupakan salah satu kabupaten strategis di sepanjang  jalur pantai selatan karena intensitas lalu lintas dan pembangunan jalan sekaligus mendorong perkembangan Kabupaten Puhuwato. Arus pergerakan transportasi dari arah barat maupun timur yang cukup besar dan padat, sangat berpotensi bagi arah kedatangan orang dari daerah lain di kabupaten Pohuwato  untuk tinggal maupun untuk transit.

Kawasan wisata Pantai Libuo di Kabupaten Pohuwato ini direncanakan dapat melayani kebutuhan masyarakat akan wisata dan rekreasi pantai, yang mempermudah masyarakat dalam memberikan fasilitas rekreasi dan wisata pantai serta sarana akomodasi berupa cottage yang bernuansa alam tropis nusantara yang akan memberikan kepuasan, kegembiraan, keseimbangan fisik dan mental.

 

 

Keywords : Kawasan Pantai Libuo, Rekreasi Pantai, Fasilitas Rekreasi

Published
2019-08-01
Section
Articles