ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PDAM UNIT TELAGA KABUPATEN GORONTALO

  • Yusda Djafar STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kebutuhan Air, Tingkat Pelayanan

Abstract

ABSTRAK

 

                Air adalah kebutuhan pokok bagi masyarakat yang dikomsumsi setiap hari dan sangat berpengaruh pada setiap aktivitas masyarakat. PDAM sebagai perusahaan daerah yang mengelola air bersih diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kebutuhan air bersih di wilayah pelayanan PDAM Unit Telaga serta melakukan analisis tingkat pelayanan air bersih terhadap kebutuhan air pelanggan PDAM Unit Telaga dari tahun 2014-2025.

                Metode penelitian yang dilakukan bersifat studi kasus dengan melakukan analisis data yang diperlukan antara lain data jumlah penduduk, jumlah pelanggan serta data produksi dan distribusi air PDAM Unit Telaga. Tahapan penelitian ini meliputi proyeksi jumlah penduduk, jumlah konsumen, jumlah pemakaian air bersih, analisis kebutuhan air dan analisis tingkat pelayanan PDAM Unit Telaga tahun 2014-2025.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas distirbusi yang diperlukan PDAM Unit Telaga pada tahun 2025 dalam melayani kebutuhan pelanggan berdasarkan perkiraan dari jumlah penduduk  adalah sebesar 279,629 lt/dt dari total jumlah konsumen 107.040 Jiwa. Tingkat pelayanan pada tahun 2014 sebesar 55,57% dari jumlah penduduk. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat pelayanan masih belum memenuhi standar yang direncanakan yakni 60% -70%.

 

Kata Kunci : Kebutuhan Air, Tingkat Pelayanan

Published
2019-08-01
Section
Articles