EVALUASI TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA DJALALUDDIN GORONTALO BERDASARKAN KONSEP ACOUSTICAL BUILDING

  • Ismail Karim Universitas Gorontalo
Keywords: Transportasi udara, Bandara Djalaluddin

Abstract

ABSTRAK

 

Fungsi sistem transportasi yaitu mampu menghasilkan jasa yang lancar, aman, nyaman, handal dan berkemampuan tinggi serta diselenggarakan secara terpadu, tertib, efektif dan efisien. Sedangkan peranannya adalah menunjang dalam menggerakkan dinamika pembangunan, memperlancar mobilitas manusia, barang dan jasa serta mendukung peningkatan hubungan secara nasional.

Gorontalo merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sedang berkembang pesat sehingga menuntut terciptanya percepatan terhadap kebutuhan pada berbagai bidang khususnya di bidang transportasi udara.

Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo terletak pada jazirah utara pulau Sulawesi yaitu Desa Tolotio, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dahulu masuk wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Bandar udara ini berjarak 18 km dari Ibu Kota Kabupaten Limboto dengan koordinat 00 38' 17" LU dan 122 51' 07" BT, dengan ketinggian di atas permukaan laut 18 m adalah merupakan pintu gerbang utama transportasi udara yang melayani Daerah Provinsi Gorontalo dengan Ibu Kota Negara dan Kota Provinsi lainnya di wilayah Republik Indonesia. Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo memiliki panjang landasan 2500 m dengan lebar 45 m. Sedangkan apron memiliki panjang 230 m dan lebar 80 m.

 

 

Keywords : Transportasi udara dan Bandara Djalaluddin

Published
2019-08-01
Section
Articles