ANALISIS KINERJA RUAS JALAN RAJA EYATO DI KOTA GORONTALO

  • Abdul Razak Adji STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kinerja ruas jalan, Volume arus lalu lintas, Kapasitas, Derajat kejenuhan

Abstract

ABSTRAK

 

Ruas Jalan Raja Eyato merupakan jalan kolektor sekunder dua lajur dua arah (2/2 UD) sebagai jalan utama menuju pusat perdagangan Kota Gorontalo. Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa, kendaraan yang melalui ruas jalan ini cukup padat, bahkan sering terjadi kemacetan yang disebabkan oleh area wilayah tersebut merupakan pusat pertokoan sehingga aktivitas parkir banyak menggunakan sebagian badan jalan yang menyebabkan terjadi penyempitan lebar jalan efektif.

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kinerja ruas Jalan Raja Eyato yang ditinjau dari volume arus lalu lintas, kapasitas, dan derajat kejenuhan. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode MKJI 1997 dengan mengumpulkan data primer, berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, dan kecepatan yang diperoleh langsung di lokasi penelitian, dan data sekunder, berupa data jumlah penduduk dan jumlah kendaraan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh volume arus lalu lintas maksimum terjadi pada hari Senin sebesar 2.791 kend/jam atau 1.228,45 smp/jam pada pukul 17.00 wita sampai dengan pukul 18.00 wita. Sedangkan untuk kapasitas real yang diperoleh adalah sebesar 1.577,12 smp/jam. Kecepatan real arus bebas kendaraan sebesar 27,412 Km/Jam, dengan waktu tempuh rata-rata sebesar 0,01561 jam atau   56,209 detik. Hambatan samping pada ruas jalan Raja Eyato termasuk dalam kategori kelas hambatan samping sangat tinggi dengan kondisi daerah komersial dengan aktivitas pasar di samping jalan. Derajat kejenuhan real sebesar 0,72 lebih kecil dari standar derajat kejenuhan untuk jalan perkotaan, yaitu sebesar 0,75, dan ditinjau dari tingkat pelayanan, Ruas jalan Raja Eyato termasuk kategori D dimana kondisi arus lalu lintas stabil, kecepatan sebesar 27,412 km/jam, memenuhi standar kecepatan ideal yang ideal yang diberikan yaitu  ≥ 25 km/jam.

 

Keywords : Kinerja ruas jalan, Volume arus lalu lintas, Kapasitas dan Derajat kejenuhan.

Published
2019-08-01
Section
Articles