KAJIAN ARSITEKTURAL HOTEL BINTANG TIGA DI KABUPATEN POHUWATO

  • Agus Kasim STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Hotel bintang tiga, Arsitektur tropis, Landmark

Abstract

ABSTRAK

 

Sejalan dengan perkembangan bisnis yang akan semakin pesat, tentu banyak pelaku bisnis yang akan datang ke kota Kabupaten Pohuwato. Peranan akomodasi bagi para pelaku bisnis baik domestik ataupun mancanegara merupakan salah satu unsur penting bagi kelangsungan bisnis di Indonesia, khususnya kota Kabupaten Pohuwato.

Perkembangan hotel terus mengalami pertumbuhan, hal tersebut diakibatkan makin banyaknya kebutuhan sarana akomodasi penginapan yang diperuntukkan bagi para tamu yang datang berkunjung untuk kepentingan bisnis dan kesenangan (pleasure) sehingga kebutuhan sarana penginapan /hotel untuk masa yang akan datang semakin meningkat. Melihat keadaan hotel yang ada di Kabupaten Pohuwato, tidak ditemukan suatu bangunan hotel yang mempunyai ciri khas tertentu, baik dari segi jumlah dan type kamar, kelengkapan fasilitas, maupun penampilan bangunan itu sendiri.

Oleh karena itu, diperlukan suatu kajian arsitektural hotel bintang tiga di Kabupaten Pohuwato. Adapun yang menjadi ciri khas penekanan kajian bangunan hotel ini adalah pendekatan bentuk arsitektur tropis dengan harapan agar konsep arsitektur tropis ini menjadi ciri khas Indonesia sebagai negara beriklim tropis lembab dan memiliki keunikan untuk menarik tamu/pelanggan dari segi bentuknya yang sesuai dengan lingkungan serta menjadi landmark bagi kota Kabupaten Pohuwato.

 

Kata Kunci : Hotel bintang tiga, Arsitektur tropis dan Landmark

Published
2019-08-01
Section
Articles