PENGEMBANGAN SUMBER PEMBIAYAAN SEKOLAH TK KRISTEN I UKSW
DOI:
https://doi.org/10.37971/radial.v12i2.481Keywords:
Resource Development, School Financing, UKSW Christian Kindergarten 1.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengelolaan sumber dana di TK Kristen 1 UKSW dan faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan operasional pendidikan. Pengelolaan dana pendidikan yang efisien sangat penting untuk mendukung mutu pendidikan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber dana utama berasal dari iuran bulanan orang tua siswa, berupa Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) dan uang pangkal tahunan. Selain itu, sekolah juga mendapat dukungan dana eksternal seperti bantuan dari Dinas Pendidikan (BOSP) dan kerjasama dengan Fakultas Pertanian UKSW untuk kegiatan pendidikan. Sekolah mengelola dana dengan perencanaan anggaran tahunan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan operasional dan peningkatan fasilitas. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah keterlambatan pembayaran SPP oleh sebagian orang tua siswa, yang mempengaruhi kelancaran operasional sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pengelolaan sumber dana sangat bergantung pada transparansi, kerjasama dengan pihak eksternal, dan perencanaan yang baik untuk menjaga kelangsungan dan mutu pendidikan di TK Kristen 1 UKSW.
References
Bachtiar B. (2021). Problematikan Pembiayaan Pendidikan di Sekolah. International Journal Of Education, 11-18.
Fadhila H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Fadhila, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Futaqi S Machali I. (2019). Pembiayaan Pendidikan Berbasis Filantropi Islam: Strategi Rumah Pintar BAZNAS Piyungan Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 231-256.
Imran M, Tiagas D,. (2018). Kekhasan Lokal Kurikulum Inti Pendidikan Arsitektur Berbasis Kompetensi. RADIAL-juRnal perADaban sains, rekayAsa dan teknologi , 128-133.
Iswan Y. Mohammad. (2017). Perpustakaan Umum Kabupaten Gorontalo Dengan Konsep Smart Building. RADIAL-juRnal perADaban sains, rekayAsa dan teknologi, 34-46.
Monita D. (2019). Analisis Sumber Pembiayaan di SMAS Riyadhussholihiin Pandeglang Banten. JIT: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 92-106.
Noor Fazariah H; Nadya H. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMA Negeri Pascadesentralisasi Pendidikan. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 332-341.
Nurhayati. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan & Ilmu Sosial.
Nurhayati et al. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lambaga Pendidikan Islam. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan & Ilmu Sosial.
Nurhayati et al. (2022). Manajemen Pembiayaan pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga pendidikan Islam. JMPIS: Jurnal manajemen Pendidikan & Ilmu Sosial.
Nurhayati; Nasir, M; Bukti, Abdul; Safri, A; Hasibuan, Lias; Anwar, Kasful. (2022). Manajemen Pembiayaan pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.
Pancarini S. (2022). Manajemen Pembiayaan Sekolah. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 354-361.
Pembiayaan M. ((2023)). Haditsa Qur'ani Nurhakim.