PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Jaksa Agung Suprapto)

  • Taufik Noholo STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Jam Puncak, On street Parking, Waktu Kritis

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan pengamatan di lapangan bahwa Parkir pada badan jalan (on street parking) itu sangat berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan. Waktu kritis terjadinya kemacetan di ruas Jalan Jaksa Agung Suprapto yaitu pada siang hari dimana para siswa SMP Negeri 6 Gorontalo beranjak untuk pulang kerumah masing-masing. Parkir yang dilakukan oleh orang tua yang ingin menjemput anaknya dan juga para pengemudi bentor sudah tidak teratur, ditambah lagi para pedagang keliling yang berjualan di bahu jalan sangat berpengaruh pada tingkat kinerja ruas jalan dan mengakibatkan kemacetan.

Data arus lalu lintas di Jalan Jaksa Agung Suprapto hasil survey yang dilakukan dari pukul 06.00 sampai pukul 18.00. Arus lalu lintas yang diamati adalah lalu lintas kenderaan dengan klasifikasi kenderaan sepeda, bendi, gerobak, sepeda motor, bentor, mobil penumpang, mobil, pick up, bus, truk, truk besar.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi lalu lintas jam puncak di Jalan Jaksa Agung Suprapto berada pada tingkat pelayanan level B dan level C. Tingkat Pelayanan level C tertinggi terjadi pada pukul 12.00-13.00 dengan rasio 0,59 Akumulasi parkir tertinggi terjadi pada pukul 11.00-12.00 masing-masing sebesar 18 kenderaan ke arah utara dan 23 kenderaan ke arah selatan. Waktu tersebut terjadi pada saat waktu pulang sekolah Rata-rata kendaraan yang masuk/parkir pada badan jalan (on street parking) adalah 67 kendaraan/jam selama 12 jam penelitian.

Kata kunci : Jam Puncak, On street Parking, Waktu Kritis.

Published
2019-08-01
Section
Articles