EVALUASI ANGKA KEBUTUHAN NYATA OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN BANGUNAN PENGENDALI SEDIMEN DI SUNGAI POHU

Authors

  • Riton Abidata Univesitas Bina Taruna Gorontalo
  • Azis Rachman Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Ari Putra Rachman Universitas Bina Taruna Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37971/radial.v11i2.433

Keywords:

SE Nomor: 05/SE/D/2016; Bangunan Pengendali Sedimen, Sungai Pohu; DAS Limboto

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bangunan pengendali sedimen di Sungai Pohu Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo dengan menggunakan Metode pada Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Prasarana Sungai Serta Pemeliharaan Sungai sesuai Surat Edaran Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Nomor: 05/SE/D/2016.Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif. Lokasi kegiatan inventarisasi adalah sepanjang Sungai Pohu mulai dari hulu sungai hingga hilir sungai yang bermuara di Danau Limboto. Deskriptif pada penelitian ini merupakan bentuk penjabaran dari hasil survei kinerja Bangunan Pengendali Sedimen yang dilakukan. Pengamatan Bangunan Pengendali Sedimen dilakukan dengan meninjau dari segi fisik, dan segi manfaat bangunan tersebut. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan mengumpulkan segala informasi yang berkaitan dengan studi yang sedang dilaksanakan, yang diperoleh secara tidak langsung atau oleh pihak lain. Sedangkan data data sekunder dapat berupa catatan, hasil pengukuran, hasil analisis yang diperoleh oleh suatu instansi atau tim studi, juga buku- buku laporan proyek dan peraturan kebijaksanaan daerah.

References

Efektifitas Krib Untuk Mengurangi Gerusan di Tikungan Luar Sungai Bengawan Solo . (2018). Jurnal Teknik Hidraulik , 9(2), 115–126.
Hunta, syafrudin, & Tome, nurhediyati. (2023). Evaluasi Penurunan Tingkat Kehilangan Air Kota Limboto Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gorontalo. Jurnal Teknik Sipil Arstitek Perencanaan Wilayah (J-TSIAP) Universitas Bina Taruna Gorontalo Volume 2 Nomor 2 (2023).
Randa Kurniawan. (2017). Analisis perubahan morfologi sungai rokan berbasis system Informasi geografis dan penginderaan jauh.
Stanley Alfred Schumm. (1977). The fluvial system, three zones: sediment source, transport, and deposition.
Sudarmadji, Pramono, H., & Widyastuti. (2013). Pengelolaan Sumberdaya Air Terpadu, . Gadjah Mada University Press-Yogyakarta.
Sultan Sami Rabbani. (2020). Analisis Kinerja dan Peningkatan Fungsi Bangunan Pengendali Sedimen (Check Dam) Sungai Serayu Provinsi D.I. Yogyakarta.
Suprayogi, S., Purnama, S., & Darmanto, D. (2013). Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press-Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles