PERANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS CONTENT MARKETING DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA UMKM SINTYA21PROJECT
DOI:
https://doi.org/10.37971/radial.v11i1.394Keywords:
Design, Content Marketing, QFD, UMKM, SINTYA21PROJECTAbstract
Abstrak: Perancangan Perbaikan Kualitas Content Marketing dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) pada UMKM Sintya21project. Sintya21Project merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang produksi produk pakaian dan jasa konveksi yang berasal dari kota Karangasem, Bali. Saat ini, Sintya21 Project memasarkan produknya secara online maupun tradisional yaitu mulut ke mulut dan media sosial seperti Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah usulan perbaikan kualitas content marketing pada Sintya21Project sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil pada penelitian ini secara berurutan dari yang paling penting dapat dijelaskan content marketing UMKM Sinty21project ideal menurut konsumen adalah yang memenuhi semua atribut atau requeriment consumer. Selain itu menjawab rumusan masalah diantaranya : (1) Atribut yang diperlukan oleh UMKM Sintya21 Project dalam pembuatan Content Marketing diantaranya yaitu mudah dipahami, mudah diingat, mampu menjelaskan merek/produk, bernilai dan mengedukasi, memenuhi kebutuhan, informatif, disukai, dapat dipercaya, memiliki pengaruh timbal balik, relevan, membantu pengambilan keputusan, membantu pengambilan keputusan, bermanfaat bagi kehidupan dan lingkungan sekitar, memenuhi kebutuhan public, dan sesuai dengan kode etik dan tidak dimanipulasi; (2) critical-to-satisfaction requirements (CTs) yang perlu untuk diprioritaskan yaitu terkait kualitas konten; (3) Rekomendasi yang tepat dalam pengembangan content marketing UMKM Sintya21Project yaitu diharapkan UMKM Sintya21Project dapat memperbaiki terkait kualitas konten dengan melakukan inovasi terkait konten pemasaran atau bekerjasama dengan professional agar dapat menarik konsumen.
Kata Kunci: Perancangan, Content Marketing, QFD, UMKM, SINTYA21PROJECT.
Abstract: Design of Improving Content Marketing Quality Using Quality Function Deployment (QFD) Approach to Sintya21project SMEs. Sintya21Project is one of the MSMEs engaged in the production of clothing products and convection services originating from the city of Karangasem, Bali. Currently, Sintya21Project markets its products online and traditionally, namely word of mouth and social media such as Instagram. This study aims to design a proposal to improve the quality of content marketing at Sintya21Project according to customer needs using the Quality Function Deployment (QFD) method. The results of this study, sequentially from the most important, can be explained as the ideal MSME Sinty21 project content marketing according to consumers is one that fulfills all consumer attributes or requirements. In addition to answering the formulation of the problem including: (1) The attributes needed by the UKM Sintya21 Project in making Content Marketing include being easy to understand, easy to remember, able to explain brands/products, valuable and educative, fulfilling needs, informative, liked, trustworthy, have mutual influence, relevant, assisting decision making, beneficial to life and the surrounding environment, meeting public needs, and in accordance with the code of ethics and not being manipulated; (2) critical-to-satisfaction requirements (CTs) that need to be prioritized, related to content quality; (3) Appropriate recommendations in the development of MSME Sintya21Project content marketing, namely that it is expected that UMKM Sintya21Project can improve content quality by innovating related to marketing content or collaborating with professionals so that they can attract consumers.
Keywords: Design, Content Marketing, QFD, UMKM, SINTYA21PROJECT