ANALISIS RISIKO PADA JEMBATAN JALUR GANDA JALAN KERETA APILINTAS SURABAYA – SOLO (PAKET:JGMS 8)

  • Aprilia Suci Amala UPN Veteran Jawa Timur
  • I Nyoman Dita Pahang Putra UPN Veteran Jawa Timur
Keywords: Analisis Resiko, Jembatan Kereta Api, Manajemen Resiko

Abstract

Abstrak: Analisis Risiko pada Jembatan Jalur Ganda Jalan Kereta Api Lintas Surabaya – Solo (Paket:JGMS 8). Dalam proyek konstruksi tidak lepas dari adanya risiko yang terjadi. Risiko tersebut bisa saja memengaruhi kelangsungan pekerjaan proyek. Maka dari itu perlu dilakukan analisis manajemen risiko. Tujuan dari manajemen risiko untuk mengetahui risiko yang muncul pada proyek tersebut, menentukan level risiko, serta cara penanganan pada risiko yang dominan, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa data primer dari hasil wawancara dan kuesioner, dan data sekunder dari hasil studi literatur. Hasil dari identifikasi risiko adalah terdapat 23 variabel risiko yang terjadi pada proyek ini dan hasil dari analisis risiko terdapat 5 variabel yang memiliki level ekstrim yaitu debit air tinggi/banjir, membludaknya sampah di sekitar area proyek, iklim ekstrim, harga bahan bakar naik, kenaikan hara material dan 4 variabel yang memiliki level tinggi yaitu terjadinya longsor saat pekerjaan struktur bawah jembatan, truck mixer telat dating, proses produksi berdampak negatif, dan kerusakan alat berat. Respon risiko pada penelitian ini dilakukan untuk risiko yang memiliki level risiko ekstrim dan tinggi sebanyak 9 variabel. Respon risiko yang dilakukan dengan cara mengurangi risiko dan menghindari risiko.

Kata kunci: analisis risiko; jembatan kereta api; manajemen risiko

Abstract: Risk Analysis on the Surabaya – Solo Cross Railway Double Track Bridge (Package:JGMS 8). In a construction project, there are risks that occur. These risks may affect the continuity of project work. Therefore its necessary to do a risk management analysis. The purpose of risk management is to find out the risks that arise in the project, determine the level of risk, and how to handle the dominant risks. Data collection techniques in this study are in the form oof primary data from interviews and questionnaires, and secondary data from the result of literature studies. The result of risk identification are that there are 23 risk variables that occur in this project and the results of the risk analysis are that there are 5 variables that have extreme levels, namely high water discharge/floods, overflowing of waste around the project area, extreme climate, rising fuel prices, rising nutrients materials and 4 variables that have high levels, namely the occurrence of landslides during the construction of the under-bridge structure, mixer trucks arriving late, the production process has a negative impact, and heavy equipment damage. The risk response in this study was carried out for risks that have extreme and high risk levels as many as 9 variables. Risk response is carried out by reducing risks and avoiding risks.

Keyword: risk analysis; railroad bridge; risk management

Published
2023-07-10
Section
Articles