PEMODELAN GREEN PARKING YANG BERKELANJUTAN (STUDI KASUS KAMPUS 4 UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)

Authors

  • Nini A. Kiay Demak Universitas Negeri Gorontalo
  • Ari Putra Rachman Universitas Bina Taruna Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37971/radial.v10i2.340

Keywords:

Modeling, Green Parking, Sustainable, Campus 4, State University of Gorontalo

Abstract

Abstrak: Pemodelan Green Parking Yang Berkelanjutan ( Studi Kasus Kampus 4 Universitas Negeri Gorontalo). Sebagai kawasan terbuka pada umumnya area parkir didominasi area perkerasan yang akan dapat menghasilkan iklim mikro dan dampak pada lingkungan yang beragam. Menurut hasil penelitian Shapiro, J. et al. (2015) suhu di tempat parkir tradisional biasanya 20-40 derajat lebih tinggi dari daerah sekitarnya sehingga pada musim panas dapat menimbulkan efek pulau panas atau urban heat island yang membutuhkan  energi yang lebih besar untuk mendinginkan bangunan di sekitarnya. Dengan luasnya area perkerasan pada umumnya ini akan juga dapat menyebabkan sangat sedikit sekali air hujan yang  bisa diserap oleh tanah dan dengan cepat mengalir di atas perkerasan dengan mengambil  polutan yang ada dan membawanya ke saluran pembuangan, dan bila tidak terdapat saluran pembuangan yang baik aliran air hujan ini bisa dengan cepat dapat menyebabkan banjir yang merusak infrastruktur yang ada. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kondisi ruang parkir di Kampus IV UNG Bone Bolango dan membuat pemodelan ruang parkir yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode  kuantitatif (pengambilan data pengukuran di lapangan) dengan mengacu pada penelitian deskriptif. Metode kuantitatif yang digunakan berupa pendekatan dengan menggunakan alat ukur dan mengolah data hasil pengukuran tersebut ke dalam grafik dan dilakukan pengkajian untuk diterapkan pada pemodelan green parking pada lokasi studi. Hasil pengamatan, pengukuran dan analisis keadaan lingkungan setempat diterapkan pada model usulan desain green parking yang berkelanjutan yaitu pada penataan vegetasi, area perkerasan, area bioretensi dan pejalan kaki dengan mempertimbangkan karakter parkir berupa akumulasi jumlah parkir pada saat pengukuran dan prediksi jumlah pengguna pada sepuluh tahun ke depan dari penelitian yaitu tahun 2031.  

Kata kunci: Pemodelan ; Green Parking; Berkelanjutan ; Kampus 4 Universitas Negeri Gorontalo

Abstract: Sustainable Green Parking Modeling (Case Study of Campus 4, State University of Gorontalo). As an open area, in general, the parking area is dominated by the pavement area which will be able to produce a microclimate and various environmental impacts. According to the research results of Shapiro, J. et al. (2015) the temperature in traditional parking lots is usually 20-40 degrees higher than the surrounding area so that in summer it can cause an urban heat island effect which requires more energy to cool the surrounding buildings. With the wide area of the pavement in general this will also be able to cause very little rainwater to be absorbed by the soil and quickly flow over the pavement by picking up the existing pollutants and bringing them to the sewers, and if there is no good drainage the rainwater flows this can quickly lead to flooding which destroys existing infrastructure. The purpose of this study was to analyze the condition of parking spaces at Campus IV UNG Bone Bolango and to model parking spaces that are environmentally sound and sustainable. The method used is to use quantitative methods (collection of measurement data in the field) with reference to descriptive research. The quantitative method used is in the form of an approach using a measuring instrument and processing the measurement data into a graph and an assessment is carried out to be applied to green parking modeling at the study location. The results of observations, measurements and analysis of local environmental conditions are applied to the proposed model of a sustainable green parking design, namely the arrangement of vegetation, pavement areas, bioretention areas and pedestrians by taking into account the parking characteristics in the form of accumulated parking numbers at the time of measurement and predictions of the number of users in the next ten years. ahead of the study namely the year 2031.

Keywords: Modeling ; Green Parking; Sustainable ; Campus 4, State University of Gorontalo

Downloads

Published

2023-02-25