ANALISIS DAERAH RAWAN BANJIR KOTA GORONTALO BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

  • Nurhayati Doda Universitas Gorontalo
Keywords: SIG, Banjir Gorontalo

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daerah rawan banjir di wilayah Kota Gorontalo berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG).

Penelitian ini dilaksanakan di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penentuan daerah rawan banjir adalah metode overlay (tumpang susun peta) dengan pembobotan dan skoring terhadap parameter penyebab terjadinya banjir yaitu Debit limpasan permukaan rencana, Topografi, Tekstur tanah dan ketebalan permukaan tanah dengan proses analisis menggunakan perangkat lunak ArcGIS 9,3. Sumber-sumber data diperoleh dari instansi terkait. Peta citra digital untuk wilayah Kota Gorontalo diperoleh dari Google Earth pada bulan Mei tahun 2011.

Hasil penelitian dengan pembobotan untuk debit limpasan permukaan 45%, topografi 25%, tekstur tanah 20% dan ketebalan permukaan tanah 10%, menunjukkan bahwa daerah rawan banjir dengan potensi sangat  tinggi terjadi di sebagian Kecamatan Kota Tengah dan Kota Selatan, banjir dengan potensi tinggi terjadi di sebagian Kecamatan Kota Selatan dan Dungingi, banjir dengan potensi sedang terjadi di sebagian Kecamatan Kota Utara, dan Kota Tengah. Sedangkan banjir dengan potensi rendah dan sangat rendah di sebagian Kecamatan Kota Utara, Kota Barat dan Selatan.

 

Kata Kunci : SIG, Banjir Gorontalo

Published
2019-07-31
Section
Articles