TINJAUAN KINERJA RUAS JALAN TERHADAP LALULINTAS HARIAN RATA-RATA (LHRT) (Studi Kasus: Ruas Jalan H.Andi Kaddi Raja Kota Palopo)
DOI:
https://doi.org/10.37971/radial.v10i2.303Keywords:
Volume Lalu Lintas Harian, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Bina Marga 1997Abstract
Abstrack: Tinjauan Kinerja Ruas Jalan Terhadap Lalulintas Harian Rata-Rata (Studi Kasus: Ruas Jalan H.Andi Kaddi Raja Kota Palopo). Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting bagi masyarakat untuk menghubungkan suatu daerah dengan daerah lainnya. Jalan kolektor Merupakan prasarana jalan umum yang berfungsi untuk melayani jaln kolektor atau pembagi dengan ciri perjalanan jarak menengah, kecepatan rata-rata sedang, dan jumlah jalan yang terbatas. Dengan kecepatan rencana > 40 km/jam, lebar jalan > 7,0 m. Kapasitas jalan lebih besar atau sama dengan volume lalu lintas rata-rata. Volume lalu lintas didefinisikan sebagai jumlah kendaraan yang melewati suatu titik pada suatu ruas jalan selama selang waktu tertentu. Jalan masuk dibatasi secara efisien sehingga kecepatan desain dan kapasitas jalan tidak boleh terganggu oleh aktivitas lokal. Tujuan penelitian ini adalah menghitung volume lalu lintas harian rata-rata (LHR per minggu), menghitung kinerja kecepatan dan menentukan kapasitas Jalan H. Andi Kaddi Raja Kota Palopo. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan instrumen Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Bina Marga 1997. Hasil penelitian ini; Volume kendaraan maksimal yang melintas terdapat pada hari Jumat dan Sabtu sebanyak 147 kendaraan/minggu. sedangkan volume kendaraan yang melintas terendah terjadi pada hari selasa dengan jumlah kendaraan sebanyak sebanyak 111 kendaraan/minggu, kapasitas ruas Jalan H. Andi Kaddi Raja Kota Palopo adalah 2915.892 smp/jam. nilai kecepatan pada ruas jalan H. Andi Kaddi Raja Kota Palopo adalah 40,50 km/jam.
Kata Kunci: Volume Lalu Lintas Harian (LHRT) dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Bina Marga 1997
Abstract: Overview of Road Performance Against Average Daily Traffic (Case Study: H.Andi Kaddi Raja Road Section, Palopo City). Roads are a very important land transportation infrastructure for the community to connect one area to another. Collector road Is a public road infrastructure that serves to serve collector or divider roads with the characteristics of medium distance travel, medium average speed, and a limited number of roads. With design speed > 40 km/hour, road width > 7.0 m. Road capacity is greater than or equal to the average traffic volume. Traffic volume is defined as the number of vehicles that pass a point on a road segment during a certain time interval. The driveway is efficiently restricted so that the design speed and capacity of the road should not be disturbed by local activities. The purpose of this study is to calculate the average daily traffic volume (LHR per week), calculate speed performance and determine the capacity of Jalan H. Andi Kaddi Raja Palopo City. . This research method is descriptive quantitative, using the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) instrument, Bina Marga 1997. The results of this study; The maximum volume of vehicles that pass on Friday and Saturday is 147 vehicles/week. while the lowest volume of passing vehicles occurred on Tuesday with a total of 111 vehicles/week, the capacity of Jalan H. Andi Kaddi Raja Palopo City was 2915,892 pcu/hour. the speed value on the H. Andi Kaddi Raja road section of Palopo City is 40.50 km/hour.
Keywords: Daily Traffic Volume (LHRT) and Indonesian Road Capacity Manual (MKJI), Bina Marga 1997