KAJIAN KOMPUTASI DAN EKSPERIMENTAL PENGARUH KONTROL AKTIF TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIKA MODEL KENDARAAN

Authors

  • Wawan Rauf Universitas Gorontalo
  • Mohamad Rifal Universitas Gorontalo
  • Rahmad Hidayat Boli Universitas Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37971/radial.v10i1.268

Keywords:

Karakteristik Aliran, Koefisien Tekanan, Hambatan Aerodinamika

Abstract

Abstrak: Kajian Komputasi dan Eksperimental Pengaruh Kontrol Aktif terhadap HambatanAerodinamika Model Kendaraan. Dinamika aliran udara sangat dipengaruhi oleh pembentukan separasi di sekitar bodi kendaraan. Separasi aliran menjadi pemicu perbedaan tekanan yang signifikan antara sisi depan dan belakang sehingga muncul efek tarikan ke arah belakang sebagai kontributor utama besarnya hambatan aerodinamika yang diterima kendaraan. Penelitian ini fokus pada kajian hambatan aerodinamika dengan memperhatikan karakteristik pola aliran yang terbentuk dan distribusi tekanan pada dinding belakang model kendaraan melalui metode simulasi komputasi dan eksperimental laboratorium. Kontrol aktif tiupan ditempatkan pada sisi atas dinding belakang Ahmed model dan diatur pada kecepatan 1.5 m/s. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan kontrol aktif tiupan pada sisi belakang mampu menunda separasi, meningkatkan koefisien tekanan, dan mengurangi hambatan aerodinamika model kendaraan.

 

Abstract: Computational and Experimental Studies of the Effect of Active Control on Aerodynamic Drag of Vehicle Models. The dynamics of air flow is strongly influenced by the formation of separations around the vehicle body. The flow separation triggers a significant pressure difference between the front and rear sides so that a rearward pull effect appears as the main contributor to the amount of aerodynamic drag received by the vehicle. This research focuses on the study of aerodynamic resistance by paying attention to the characteristics of the flow pattern formed and the pressure distribution on the rear wall of the vehicle model through computational simulation methods and laboratory experiments. The blowing active control is located on the upper side of the back wall of the Ahmed model and is set at a speed of 1.5 m/s. The results show that the use of blowing active control on the rear side is able to delay separation, increase the pressure coefficient, and reduce the aerodynamic drag of the vehicle model.

Downloads

Published

2022-07-01