METODE SEARCH ENGINE OPTIMIZATION SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BAGI UKM W1000K
DOI:
https://doi.org/10.37971/radial.v10i1.256Keywords:
Optimasi, Pemasaran Digital, Search Engine Optimization, TokopediaAbstract
Abstrak: Metode Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Strategi Pemasaaran Digital Bagi UKM Warung Sehat 1000 Kebun. UKM Warung Sehat 1000 Kebun menjual barang–barang organik mulai dari makanan, minuman, sarana berkebun, hingga bahan perawatan tubuh. Namun sebuah UKM di masa pandemi ini tentunya dituntut untuk melakukan pemasaran dan penjualan barang secara online. Maka dari itu, dalam mendukung pemasaran digital, pada bulan Januari 2021 Warung Sehat 1000 Kebun membuka toko di aplikasi tokopedia dan menjadi bagian dari tokopedia seller. Dikarenakan sangat banyak pesaing di tokopedia seller tentunya perlu dilakukan optimasi terhadap halaman produk sehingga memperoleh banyak kunjungan terhadap halaman toko. Optimasi yang dilakukan berupa optimasi toko menjadi bagian dari power merchant dan mengaktifkan fitur yang dapat menguntungkan toko, optimasi produk menggunakan metode Search Engine Optimization mulai dari nama produk, deskripsi produk, dan foto produk, hingga memaksimalkan dekorasi toko yang dapat dikreasikan melalui fitur yang tersedia di aplikasi tokopedia seller. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimasi yang dilakukan pada halaman toko dengan memaksimalkan fitur dan optimasi terhadap halaman produk menggunakan metode SEO merupakan strategi pemasaran yang berguna dalam meningkatkan kunjungan sehingga berpeluang besar dalam meningkatkan penjualan.
Abstract: Search Engine Optimization Methods As A Digital Marketing Strategy For Warung Sehat 1000 Kebun SME. Warung Sehat 1000 Kebun SME sells organic goods ranging from food, drinks, gardening tools, to body care ingredients. However, an SME during this pandemic is certainly required to do online marketing and sales of goods. Therefore, in supporting digital marketing, in January 2021 Warung Sehat 1000 Kebun opened a shop on the Tokopedia app and became part of a Tokopedia seller. Due to the fact that there are so many competitors in the shop store, it is certainly necessary to optimize the product page so that it gets a lot of visits to the shop page. Optimization is carried out in the form of store optimization being part of the merchant power and activating features that can benefit the store, product optimization using the Search Engine Optimization method starting from product names, product descriptions, and product photos, to maximizing shop decorations that can be created through features which is available on the Tokopedia Seller application. The results of this study indicate that optimization carried out on the shop page by maximizing features and optimization of product pages using the SEO method is a useful marketing strategy in increasing traffic so that it has a great opportunity to increase sales.