TINJAUAN PENJADWALAN WAKTU DAN TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN REHABILITASI & REKONTRUKSI BERAT JEMBATAN MOOBANGGO

  • Novrianti Musa STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Optimalisasi, CPM (Critical Path Method), Crash Program

Abstract

ABSTRAK

 

Proyek dalam industri konstruksi merupakan kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan alokasi sumberdaya tertentu dan bertujuan untuk melaksanakan tugas yang sasarannya telah digariskan dengan jelas. Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan suatu metode perencanaan proyek  yang diharapkan dapat mengkoordinasi berbagai kegiatan dalam suatu pekerjaan sehingga proyek dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan waktu yang paling tepat, mengoptimalisasikan penggunaan tenaga kerja pada setiap item pekerjaan dan mengetahui kendala – kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan proyek Rehabilitasi & Rekonstruksi Berat Jembatan Moobangango.

Metode yang dapat digunakan dalam mengatasi persoaalan dalam perencanaan waktu dan tenaga kerja adalah dengan menggunakan Crash Program, serta menggunakan CPM (critical path method) atau biasa dikenal dengan Diagram Network Planning. Metode ini di buat untuk mendapatkan umur proyek normal serta lintasan kritis yang memperjelas kegiatan-kegiatan apa saja yang akan diperpendek.

Dari hasil percobaan crash program sebanyak 3(tiga) kali didapat durasi pekerjaan terpendek 220 hari kalender yakni pada crash program ke-3.

 

Kata Kunci : Optimalisasi, CPM (Critical Path Method), Crash Program.

Published
2019-07-31
Section
Articles