IMPLEMENTASI METODE BUSINESS TO COSTUMER PADA SISTEM INFORMASI TOKO KGS RIZKY MOTOR

Authors

  • Kiagus Muhammad Rizky Aditra Utama Ahmad Dahlan University Yogyakarta
  • Rusydi Umar Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Anton Yudhana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37971/radial.v9i2.234

Keywords:

Business to Costumer, Adobe Dreamweaver, Sistem Informasi, Toko Kgs Rizky Motor

Abstract

Implemantasi Business To Costumer (B2C) merupakan bagian e-commerce dalam bentuk jual-beli produk yang melibatkan perusahaan penjual yang secara online melalui media website. Sistem yang sedang berjalan saat ini masih menggunakan sistem manual atau offline. Ini terjadi apabila pelanggan konsumen membeli produk sparepart harus datang langsung ke tokonya. Pada implementasi business to customer ini pada Toko Kgs Rizky Motor berupa online melalui media website yang mencakup berbagai informasi bagi pelaku consumer tentang penjualan sparepart secara online, dapat menampilkan produk-produk sparepart, cara pembelian pemesanan, keranjang belanja, catalog, akun pengusaha dan kontak pengusaha. Pada penelitian ini konsep tahapan-tahapan menggunakan metode waterfall dengan mengikuti alur proses analisis kebutuhan, desain sistem, coding dan implementasi, penerapan dan pemeliharaan.. Hal ini juga memakan waktu biaya yang dikeluarkan bisa jadi lebih tinggi. Dengan salah satu upaya adanya menggunakan implementasi E-Commerce business to customer diharapkan terus meningkatkan pelaku konsumen yang terjangkau dan memudahkan pelaku konsumen ingin membeli produk sparepart tanpa harus datang langsung ketoko pada saat jam tertentu. Hal ini dapat membantu menghemat biaya yang dikeluarkan. Sistem informasi yang dibangun mengimplementasikan tahapan-tahapan pengembangan dengan bahasa pemrograman PHP dengan Adobe Dreamweaver CS 5 dan My SQL menggunakan XAMPP.

Downloads

Published

2021-12-22