TINJAUAN PERENCANAAN WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK KANTOR BKD KABUPATEN BONE BOLANGO

  • Rahayu Mointi STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Waktu, Biaya

Abstract

ABSTRAK

 

Agar pengeluaran biaya bisa efisien dengan waktu yang efektif, maka perlu adanya evaluasi terhadap perencanaan biaya dan jadwal dengan meninjau kembali perhitungan anggaran biaya proyek untuk mendapatkan jumlah anggaran biaya proyek yang pasti yang akan digunakan dalam proyek dengan tetap menjaga mutu pekerjaan dan mencegah terjadinya keterlambatan kerja dalam proyek.

Perkiraan biaya merupakan unsur penting dalam pengelolaan biaya proyek secara keseluruhan. Estimasi merupakan awal kegiatan control proyek, meskipun untuk maksud tersebut diperlukan pengumpulan dan pengembangan data. Modal tetap dibagi menjadi biaya langsung(direct cost) dan biaya tidak langsung(indirect cost). Network diagram adalah visualisasi proyek berupa jaringan kerja yang berisi lintasan-lintasan kegiatan dan urutan-urutan peristiwa yang ada selama pelanggaran proyek.

Jadwal pelaksanaan proyek di lapangan 120 hari dengan biaya Rp. 2.464.852.787.39 . Jadwal dan biaya optimum dari hasil crash program terjadi pada crash 2 dengan durasi 110 hari dan biaya Rp. 2.367.865.400 .

 

Kata Kunci : Waktu dan Biaya

Published
2019-07-31
Section
Articles