PERANCANGAN PUSAT TEKNOLOGI DAN INFORMASI DI KABUPATEN TOJO UNA-UNA DENGAN PENDEKATAN SMART BUILDING

  • Lutfi Alfia S. Musa STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Arlan Kaharu STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Achmad Bagulu STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: perancangan, informasi, Teknologi

Abstract

Abstrak

 Perancangan pusat informasi dan teknologi.sebagai tempat untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan berbagai SKPD/perkantoran, pusat pengembangan informasi dan teknologi dan pusat perbelanjaan yang bertujuan untuk membangun interaksi sosial antar masyarakat.Perancangan pusat informasi dan teknologi dilakukan dengan penerapan pendekatan Smart Bulding.Konsep desain Smart Buildingadalah pemanfaatan energi alam dan energi buatan.Efisiensi energi pada sistem pencahayaan dan penghawaan dengan menggunakan material berteknologi terkini, yang mengacu pada struktur, sistem sensor dan digitasi.

Lokasi perancangan yakni di Ampana Kota karena merupakan ibukota dari Kabupaten Tojo Una-una, selain itu memiliki pemandangan pantai yang mengagumkan dan masih lestari.Sementara site berada di Jl. Ahmad Yani, Dondo, Kecamatan Ampana Kota, karena sangat strategis sesuai dengan karakteristik kawasan ini.

Bentuk Pusat Informasi dan Teknologi di Kabupaten Tojo Una-Unaini mengambil konsep Smart Building. Bangunan yang menggunakan prinsip bangunan pintar dengan tampilan modern disesuaikan dengan material bangunan yang digunakan dan responsibility material bangunan pintar dengan iklim kondisi setempat.

Kata kunci : perancangan, informasi, Teknologi

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Abas, A. (2016). Pusat Teknologi Informasi di Kabupaten Boalemo dengan Konsep Arsitektur Tropis. RADIAL: Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa Dan Teknologi, 4(1), 89–98.

Fathani, A. H. (2019). Literasi Di Era Disrupsi (A. H. Fathani (ed.)). Media Nusa Creative. http://repository.um-surabaya.ac.id/4542/1/LITERASI_DI_ERA_DISRUPSI-SPK.pdf

Masrul, M., Tasnim, J. S., Daud Oris Krianto Sulaiman, C. P., Purnomo, A., Febrianty, D. H. S., Purba, D. W., & Ramadhani, Y. R. (2020). Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Yusup, P. M., & Saepudin, E. (2017). Praktik literasi informasi dalam proses pembelajaran sepanjang hayat (information literacy practices in the process of lifelong learning). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 5(1), 79–94.

Published
2021-01-21
Section
Articles