ANALISIS PENINGKATAN KESELAMATAN PADA PERSIMPANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (NEAR-MISSED ACCIDENT)

Studi Kasus: (Jl. Raja Eyato-Jl. HJ. A.R Konio.Bsc-Jl. Moh Yamin)

  • Reinaldy Modanggu STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Azis Rachman STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Suratman Ursilu STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Analisis, Keselamatan, Lalu Lintas

Abstract

ABSTRAK

Konsep dasar transportasi yakni memudahkan mobilisasi dari titik asal (Point of Origin) menuju titik tujuan (Point of Destination). Salah satu unsur yang cukup penting dalam transportasi adalah keselamatan dari pengguna transportasi, dalam hal ini disebut sebagai pengendara. Untuk itu perlu agar dapat dilakukan sebuah studi yang dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara.Dalam penelitian ini menggunakan metode Traffic Conflict Technique (TCT) Near-Missed Accident yang ditemukan dan dikembangkan oleh Lund University Swedia. TCT merujuk pada hubungan antara perilaku pengguna jalan dengan kejadian kecelakaan. secara umum, dapat menghasilkan pengklasifikasian terkait faktor-faktor yang menyebabkan sebuah konflik atau kecelakaan. Pada studi kali ini mengambil lokasi  di Kota Gorontalo, yaitu persimpangan yang menghubungakan Jl. Raja Eyato-Jln. A. R. Konio, Bsc.-Jln. Moh. Yamin. Lokasi tersebut cukup representatif dengan fokus penelitian, karena persimpangan tersebut memiliki volume arus lalu lintas yang cukup padat, sehingga terkadang sering terjadi kemacetan dan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas lainnya. Berdasarkan hasil penelitian Rata-rata Time to Accident (TA) yang diperlukan untuk mengelak atau evasive sekitar 0.1 detik; Seluruh konflik yang terjadi masuk dalam klasifikasi Serious Conflict; jenis konflik yang terjadi adalah konflik berpotongan (Crossing); serta, dari empat konflik yang terjadi di lokasi penelitian mayoritas pengguna jalan yang sering terlibat konflik adalah pengendara bentor yang selanjutnya masuk dalam kategori jenis kenderaaan bermotor atau MC.

Kata Kunci: Analisis, Keselamatan, Lalu Lintas

 

ABSTRACT

The basic concept of transportation is to facilitate mobilization from the Point of origin towards to the point of destination. One of element of that is quite important in transportation users that refer to the riders. It is need to be done a research about that to improve riding safety.This study used Traffic Conflict Technique method (TCT) Near-Missed Accident discovered and developed by Lund Swedish University. TCT refers to the relationship between road user behavior in the event of an accident generally be able to produce classifications Related to factors that cause a conflict or accident. This research conducted in Gorontalo City, at the junction connecting Jln. Raja Eyato-Jln. A. R. Konio, Bsc.-Jln.Moh. Yamin. The location is quite representative with a focus of research, because the intersection has a fairly heavy volume of traffic flow, so that sometimes traffic jams and past violations often occur to the other cross.Based on results, the Average of Time to Accident (TA) that needed to evade or evasive for about 0,1 seconds; Whole conflict that is occurs included in the classification of Serious Conflict; the type of conflict that occurs is crossing and, from four conflicts that occurred at the location research on the majority of road users who are often involved in conflict Bentor riders who subsequently fall into the category of vehicle type motorized or MC.

Keywords: Analysis, Safety, Traffic

References

DAFTAR PUSTAKA

Debnath, A., & Chin, H. C. (2010). Navigational traffic conflict technique: a proactive approach to quantitative measurement of collision risks in port waters. Journal of Navigation, 63(1), 137–152.

Kadarisman, M., Yuliantini, Y., & Majid, S. A. (2016). Formulasi kebijakan sistem transportasi laut. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 3(2), 161–183.

Mandaku, H., & Tukan, M. (2010). Studi Penerapan Intelligent Transportation System (ITS) di Kabupaten Seram Bagian Barat. Arika, 4(1), 33–42.

Masitoh, S., Rozy, N., & Anwar, S. (2020). Analisis Geometrik Jalan Ruas Jalan Lingkar Utara Majalengka Kabupaten Majalengka. Jurnal Konstruksi, 8(1).

Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993. (1993). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (p. 78). http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/pp/1993/pp_no_43_tahun_1993.pdf

Priyanti, D., & Natasa, D. F. (2014). EVALUASI PELAYANAN LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN CHARITAS PALEMBANG. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sari, R. (2016). ANALISIS DISTRIBUSI WAKTU HEADWAY DAN GAP KENDARAAN (Studi Kasus Simpang Bersinyal: Jalan MT. Haryono Dan Muhammad Said) Kota Samarinda. KURVA S JURNAL MAHASISWA, 1(1), 163–176.

Soejachmoen, K. H. (2004). Keselamatan Pejalan Kaki dan Transportasi.

Sugiyono, A., Pengkajian, B., Teknologi, P., Rahardjo, I., Pengkajian, B., Teknologi, P., & Sugiyono, A. (2015). Pengembangan Moda Transportasi BBG untuk Sektor Transportasi di Pantura. 19(April), 733–742.

Published
2021-01-18
Section
Articles