EVALUASI DIMENSI SALURAN DRAINASE KOTA GORONTALO

  • Rahmawaty Ntau STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: curah hujan, drainase, dimensi

Abstract

ABSTRAK

 

Kondisi alam Kota Gorontalo yang disertai dengan perubahan peruntukan lahan menyebabkan daerah resapan menjadi lebih sedikit. Masalah drainase Kota Gorontalo merupakan hal yang menjadi prioritas pemerintah Kota Gorontalo karena sering terjadinya banjir di musim penghujan, yang sangat mengganggu kehidupan masyarakat dan menghambat transportasi, serta menimbulkan kerugian harta benda yang cukup besar nilainya. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi dimensi saluran drainase untuk mengetahui kapasitas saluran drainase yang memadai.

                Penelitian dilakukan di wilayah Kota Timur Kota Gorontalo yang tepatnya pada Kel. Heledulaa Utara, heledulaa Selatan dan Moodu, dengan mengumpulkan data dari instansi terkait yaitu berupa data curah hujan dan data jaringan drainase Kota Gorontalo. Analisis curah hujan cenderung mengikuti distribusi Log Pearson III, dari analisis curah hujan rencana diperoleh curah hujan rencana dengan kala ulang 5 tahun sebesar 260,20 mm dan selanjutnya digunakan untuk mengetahui besarnya debit banjir.

                Berdasarkan hasil penelitian diperoleh debit yang ada pada tiap ruas saluran dari hasil perhitungan ternyata cukup besar yaitu antara 0,13811 M3/det sampai dengan 15,63191 m3/det. Dimensi hasil perhitungan memberikan nilai untuk lebar dasar saluran (b) antara 0,28 m – 3,03 m dan kedalaman saluran (h) antara 0,23 m – 2,45 m.

 

 Kata kunci : curah hujan, drainase, dimensi

Published
2019-07-31
Section
Articles