ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN PROF. DR. H. ALOE SABOE KOTA GORONTALO

(STUDI KASUS RUAS JALAN PASAR MOODU)

  • Dira Sucilya Pobela STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Azis Rachman STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Suratman Ursilu STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kemacetan, Kecepatan, Lalu Lintas

Abstract

Abstrak

 

Kota Gorontalo merupakan daerah yang memiliki potensi untuk berkembang dan bersaing dengan daerah lain, slaah satunya dalam hal pembangunan dibidang perhubungan khususnya tentang transportasi darat. Jalan adalah salah satu sarana transportasi yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Di beberapa ruas jalan di Gorontalo kemampuan jalannya masih sangat terbatas, salah satunya yaitu di ruas jalan Prof. Dr. H. Aloe Saboe Kota Gorontalo (tepatnya di ruas jalan pasar Moodu yang setiap hari senin selalu ada pasar mingguan yang menyebabkan terjadinya kemacetan di ruas jalan tersebut, mengingat hari senin adalah hari yang sibuk. Karena itulah penulis mengambil judul penelitian “Analisis Kemacetan Lalu Lintas di ruas Jalan Prof. Dr. H. Aloe Saboe Kota Gorontalo (Studi kasus ruas jalan pasar Moodu).

Untuk mengetahui bagaimana hambatan samping serta tingkat pelayanan jalan di ruas jalan Prof. Dr. H. Aloe Saboe maka diperlukan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperlukan yaitu data volume lalu lintas, data geometrik jalan, survey hambatan samping dan survey kecepatan sesaat. Sedangkan data sekunder yang diperlukan yaitu data jumlah penduduk di Kota Gorontalo.

Berdasarkan hasil analisis di peroleh kecepatan arus bebas pada ruas jalan Prof. Dr. H. Aloe Saboe senilai 29,48 km/jam, nilai kapasitas 1930,1 smp/jam, hambatan samping 421 kejadian/jam masuk dalam kategori hambatan samping sedang( M),serta tingkat pelayanan jalan masuk dalam kategori B yang artinya arus masih stabil dengan volume lalu lintas sedang dan kecepatan mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, kepadatan rendah serta hambatan internal lalu lintas belum mempengaruhi kecepatan.

 

Abstract

Gorontalo city is an area that has the potential to develop and compete with other areas, the other slaah in terms of development in the field of transportation, especially about land transportation. Roads are one of the most important means of transportation in the survival of human life. On some roads in Gorontalo the road capability is still very limited, one of which is on the street Prof. Dr. H. Aloe Saboe Gorontalo City (precisely on moodu market road which every Monday there is always a weekly market that causes congestion on the road, considering monday is a busy day. That's why the authors took the title of the study "Analysis of Traffic Congestion on the road prof. Dr. H. Aloe Saboe City gorontalo (Case study of Moodu market road).
To find out how the side barriers and the level of road service in the road section prof. Dr. H. Aloe Saboe then primary data and secondary data are required. The primary data required are traffic volume data, road geometric data, side obstacle surveys and instantaneous speed surveys. While the secondary data required is the data of the population in Gorontalo City.
Based on the results of the analysis obtained free flow speed on the road segment Prof. Dr. H. Aloe Saboe worth 29.48 km/h, capacity value 1930.1 smp/h, side barriers 421 events/hour fall into the category of medium side obstacles ( M), as well as the level of road service entered in category B which means the flow is still stable with the volume of moderate traffic and the speed is starting to be limited by traffic conditions, low density and internal traffic barriers have not affected the speed.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alhadar, A. (2011). Analisis kinerja jalan dalam upaya mengatasi kemacetan lalu lintas pada ruas simpang bersinyal di kota palu. SMARTek, 9(4).

De Rozari, A., & Wibowo, Y. H. (2015). Faktor-faktor yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan utama Kota Surabaya (Studi Kasus Di Jalan Ahmad Yani Dan Raya Darmo Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01).

Dzorifah, Y., & Murtini, S. (2018). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEMACETAN LALU-LINTAS DI KEJAPANAN-GEMPOL. Swara Bhumi, 5(7).

Hamid, I. A. B. I. Y. Y. U. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Jalan Lintas Tengah Di Pasar Bandar Jaya Lampung Tengah.

Malik, A. (2012). Identifikasi Kemacetan Lalu Lintas Di Kawasan Paal 2 Dan Pusat Kota Manado. Sabua: Jurnal Lingkungan Binaan Dan Arsitektur, 3(1).

Maryaningsih, N., Hermansyah, O., & Savitri, M. (2014). Pengaruh infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 17(1), 62–98.

Rifanti, U. M. (2017). Pemilihan rute terbaik menggunakan Algoritma dijkstra untuk mengurangi Kemacetan lalu lintas di purwokerto. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 90–99.

Siburian, G., & Widodo, W. (2016). Analisis Pengaruh Transportasi Darat Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Published
2021-01-14
Section
Articles