EVALUASI ALINEMEN VERTIKAL PADA RUAS JALAN DESA TIMBONG KECAMATAN BANGGAI TENGAH KABUPATEN BANGGAI LAUT

Authors

  • Susan Indriani STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Azis Rachman STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Aning Yustica Sari Abdullah STITEK Bina Taruna Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37971/radial.v8i2.208

Keywords:

Alinemen Vertikal, aktual, Kecepatan Rencana, Jarak Pandang Henti, Lalu Lintas

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini di lakukan di desa Timbong Kecamatan Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut,Sulawesi Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian perencanaan alinemen vertical berdasarkan kondisi lalu lintas saat ini dengan menggunakan pedoman Bina Marga No.038/TBM?1997.

Berdasarkan hasil evaluasi dengan data kendaraan, di dapat lebar jalur dan bahu ideal menurut penetuan lebar jalur dan bahu jalan sebesar 6,0m dan 1,0m.sedangkan hasil evaluasi kecepatan rencana, berdasarkan persamaan yang telah ditentukan untuk jarak pandang henti dengan kecepatan rencana 28,83m sampai dengan 35,61m. dan dengan melihat hasil pengukuran aktual lebar jalur pada alinemen vertikal sesuai bahkan melebihi lebar ideal yang telah ditentukan yaitu 6,40m tetapi belum memiliki bahu jalan, nilai kelandaian sebesar 10% tidak sesuai dengan aturan yaitu maksimum 9% tapi masih dikategorikan aman. Maka dari itu harus adanya penambahan rambu lalu lintas di ruas jalan desa Timbong Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut karena melihat kelandaian yang di miliki 10%, hal ini agar pengguna jalan lebih berhati-hati untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan walaupun jalan tersebut masih dikategorikan aman.

This research was conducted in Timbong village, Central Banggai District, Banggai Laut Regency, Central Sulawesi. The purpose of this study is to evaluate the suitability of vertical paragraph planning based on current traffic conditions using Bina Marga guidelines No.038/TBM?1997.
Based on the evaluation results with vehicle data, the ideal lane and shoulder width according to the track width and shoulder of the road is 6.0m and 1.0m.while the results of the evaluation of the speed of the plan, based on the equation stipulated for the stop visibility with a plan speed of 28.83m to 35.61m. and by looking at the actual measurement results of the width of the path on the corresponding vertical paragraph even exceeding the ideal specified width of 6.40m but not yet having the shoulder of the road, the base value of 10% does not comply with the rules which is a maximum of 9% but is still categorized as safe. Therefore, there should be the addition of traffic signs in the road section of Timbong Sub-District of Banggai Tengah, Banggai Laut Regency because it sees thelandaan that has 10%, this is so that road users are more careful to anticipate accidents even though the road is still categorized as safe.

References

DAFTAR PUSTAKA

Badan Standarisasi Nasional. (2004). Geometri Jalan Perkotaan.

Febriaty, H. (2018). PENGARUH INFRASTRUKTUR JALAN DAN DEFISIT LISTRIK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SUMATERA UTARA. 2(2), 71–80.

Haryanto, I. (2018). Perancangan Geometrik Jalan: Standar Dan Dasar-Dasar Perancangan. UGM PRESS.

Husin, H. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemekaran Daerah di Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulawesi Tengah. 4(April), 1–13.

Nisumanti, S., & Krisna, E. (2020). EVALUASI KINERJA JALAN NASIONAL TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN NASIONAL KOTA PALEMBANG. Jurnal Tekno Global, 9(1).

Purnomo, E. (2020). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN JUANDA SAMPAI SIMPANG JALAN MAHKAMAH KOTA MEDAN. FOCUS TEKNIK SIPIL UPMI, 1(3), 93–101.

Qurni, I. Al. (2016). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus Jalan Nasional Arteri Primer dan Arteri Sekunder Kabupaten Kendal). Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 13(1), 52–60.

Saputro, D. A., Djakfar, L., & Rachmansyah, A. (2012). Evaluasi Kondisi Jalan dan Pengembangan Prioritas Penanganannya (Studi Kasus di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). Rekayasa Sipil, 5(2), 76–83.

Singgih, A., Erwan, K., & Kadarini, S. N. (2019). ANALISIS GEOMETRIK TIKUNGAN PADA JALAN YAâ€TM M SABRAN TANGJUNG HULU KECAMATAN PONTIANAK TIMUR. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, 6(2).

Sitompul, R. F. (2020). Evaluasi Jarak Pandang Pada Alinyemen Vertikal Dan Alinyemen Horizontal Pada Tikungan Jalan Sei Rampah-Tebing Tinggi. UMSU.

Suprianto. (2019). Analisa Geometrik Jalan pada Daerah Perbukitan Sambahe Sibolangit. Universitas Medan Area.

Downloads

Published

2021-01-15