PERANCANGAN PANTI WREDHA DI KOTA GORONTALO DENGAN PENDEKATAN NATURAL MODERN

  • Agustina Karim STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Lanjut Usia, Panti, Stylish

Abstract

ABSTRAK

 

Populasi masyarakat di Indonesia yang terus berkembang di setiap tahun juga diikuti dengan perkembangan teknologi, fasilitas, dan kebudayaan. Perkembangan ini juga menjadikan pola pikir masyarakat sekarang ini lebih individualistis dan kurang memperdulikan sekitarnya. Pola pikir inilah yang menjadi dampak negatif dan persoalan muncul ketika kebutuhan pelayanan dan fasilitas bagi warga lansia yang tidak lagi diperdulikan. Untuk mengatasi persoalan ini, pemerintah telah berusaha menciptakan program kebijakan untuk kesejahteraan warga lansia, yaitu dengan pembangunan Panti wredha. Panti Wredha di Kota Gorontalo dengan pendekatan natural modern berlokasi di Jalan Membramo yang direncanakan di atas lahan seluas ± 1 Ha. Perancangan Panti wredha dengan pendekanan Arsitektur natural modern, karakteristik desain massa dan bentuk bangunan dengan mengadopsi keharmonisan alam dan lingkungan dengan manusia dalam konsep perancangan arsitektur, agar dapat memberikan kesan    yang unik    dan    mendalam    akan keragaman budaya dan  arsitektur yang ada di Gorontalo. Penampilan bangunan secara umum  menggunakan tema Natural Modern. pendekatan arsitektur ini digunakan karena menimbulkan kesan homy, hangat dan stylish. Bentuk bangunan simplicity dan elegan.

Kata Kunci : Lanjut Usia, Panti dan Stylish.

References

Anis nur Azizah. (2016). Panti soial tresna wredha di kabupaten Magelang dengan Pendekatan Konsep Home.Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Gordon (1995). Stable Function Approximation in Dynimic Programming. Article.University Pittsburgh.

Julaihi, Wahid dan Bhakti, Alamsyah. 2013. Teori Arsitektur Suatu Kajian Perbedaan Pemahaman Teori Barat dan Timur.Yogyakarta : Graha ilmu.

Julien Guadet (1834-1908). Elements Et Theorie De Larchitecture (Elemen dan Teori Arsitektur). Paris : HACHETTE LIVRE-BNF.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta:Rineka Cipta.

Rencana Aksi Internasional Lanjut Usia. Second World Assembly on Ageing (SWAA). Madrid (8-12 April 2002).

Published
2019-09-30
Section
Articles