IDENTIFIKASI KERUSAKAN PINTU AIR DI DAERAH IRIGASI ALALE KABUPATEN BONE BOLANGO

  • Dewan J. Rumagit STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Irigasi, Kerusakan, Pintu Air

Abstract

ABSTRAK

 

Pintu air merupakan bangunan penunjang pada suatu bendungan irigasi dan bendungan pengendali banjir Daerah Irigasi Alale terbagi antara dua daerah layanan yakni Kabupaten Bone Bolango areal persawahan potensial yang dilayani sebesar 565 Ha dan Kota Gorontalo luas areal persawahan potensial yang dilayani sebesar 51,15 Ha. Rusaknya pintu air menyebabkan kurang optimalnya pelayanan pengairan di daerah Irigasi Alale khususnya yang ada di Kabupaten Bone Bolango dengan tidak optimal, untuk itu perlu dilakukan identifikasi kerusakan pintu air di daerah irigasi alale.

 

Penelitian ini dilakukan survei pada jaringan Irigasi Alale dari Bangunan Alale 1 sampai Bangunan Alale 6 hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis jenis kerusakan yang terjadi pada pintu pintu air den seberapa besar tingkat kerusakan yang terjadi. Dari hasil survey tersebut akan dapat diketahui perencanaan anggaran biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki pintu air yang ada dijaringan Irigasi Alale. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survey.

Hasil dari penelitian diketahui penyebab kerusakan yang terjadi pada pintu air di jaringan Irigasi Alale terdiri dari beberapa hal, yaitu faktor alam dan juga faktor kesalahan dari manusia dalam pengoperasian yang terjadi. Tingkat kerusakan yang terjadi di jaringan irigas i Alale terdiri dari berbagai macam tingkat kerusakan ringan seperti korosi ringan, tingkat kerusakan sedang patahnya baut penyangga serta kerusakan berat rusaknya daun pintu, miringnya tiang ulir dan keausan pada brons. hasil identifikasi kerusakan pintu air maka anggaran biaya yang diperlukan dalam perbaikan pintu air adalah sebesar Rp.8.281.850

 

Kata Kunci : Irigasi, Kerusakan, Pintu Air

Published
2019-09-30
Section
Articles