EFISIENSI PENYERAPAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) OLEH TUMBUHAN KANGKUNG AIR (Ipomoae aquatica Forks) DENGAN WAKTU KONTAK YANG BERBEDA

  • Elawati Elawati
  • Novri Y. Kandowangko Universitas Negeri Gorontalo
  • Djuna Lamondo Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Efisiensi Penyerapan, logam Cu, kangkung air (Ipomoae aquatica Forks)

Abstract

ABSTRAK

 

Elawati.2015. Efisiensi Penyerapan Logam Berat Tembaga (Cu) Oleh Tumbuhan Kangkung Air (Ipomoae aquatica Forks) Dengan Waktu Kontak Yang Berbeda. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Novri Y. Kandowangko M.P sebagai Pembimbing I dan Dr. Djuna Lamondo, M.Si sebagai Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi penyerapan logam  berat tembaga (Cu) oleh tumbuhan kangkung air (Ipomoea aquatica Forks) pada waktu kontak yang berbeda. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan 4 perlakuan, yakni waktu kontak selama 7, 14, 21, dan 28 hari. Kemudian setiap wadah diberikan Cu(NO3) dengan konsentrasi 40 ppm. Pengukuran akumulasi logam Cu pada tumbuhan kangkung air dengan  menggunakan Atomic Absorpsion Spektofotometri (AAS). Hasil penelitian menunjukan bahwa penyerapan tumbuhan kangkung air yaitu pada hari ke-7, kangkung air menyerap logam berat Cu sebanyak 26,27 ppm atau sekitar 65,67 %, pada hari ke-14 menyerap sebesar 28,25 ppm atau sekitar 70,62 %, hari ke-21 menyerap sebesar 26,38 ppm atau sekitar 65,95 % dan hari ke-28 menyerap sebesar 24,5 ppm atau sekitar 61,25 % yang terserap.

 

Kata kunci: Efisiensi Penyerapan, logam Cu, kangkung air (Ipomoae aquatica Forks)

Published
2019-09-28
Section
Articles