ANALISIS KERUSAKAN JALAN ASPAL DI KOTA GORONTALO (STUDI KASUS JALAN BYPASS)

  • Agus Slamet Talani STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Volume, kerusakan jalan, lalu lintas

Abstract

ABSTRAK

Kerusakan  jalan  kadang  terjadi  lebih  dini  dari  masa pelayanan yang disebabkan oleh adanya banyak faktor, antara lain faktor manusia dan faktor alam. Faktor  manusia  yaitu  diantaranya  berupa  tonase  atau  muatan  kendaraan  – kendaraan  berat  yang  melebihi  kapasitas  dan  volume  kendaraan  yang  semakin meningkat. Kerusakan jalan di Kota Gorontalo dapat terjadi apabila kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut jumlahnya lebih banyak dari kapasitas jalan yang direncanakan  Karena itulah perlu dilakukan penelitian mengenai Pengaruh Jumlah Kendaraan terhadap Kerusakan Jalan aspal di Kota Gorontalo (Studi Kasus Jalan bypass).

Penelitian ini dilakukan Penelitian ini berada di ruas Jalan ByPass Kota Gorontalo. Sepanjang 1 km dan menggunakan Metode MKJI 1997. Data-data yang diambil berupa data primer dan data sekunder. Data primer didapat dengan cara observasi langsung di lokasi penelitian yaitu pengukuran geometrik jalan yang meliputi lebar jalan, survei volume lalu lintas, dan survey kerusakan jalan. Data sekunder memberikan gambaran secara umum tentang jumlah kendaraan yang ada di kota gorontalo. Waktu penelitian di lapangan dilakukan selama tiga hari yaitu pada hari senin, rabu dan sabtu.

Berdasarkan hasil studi dilapangan, diperoleh hasil perhitungan volume arus lalu lintas maksimum atau jam puncak pada ruas jalan secara keseluruhan antara senin, rabu, dan sabtu maka total volume arus lalu lintas terbesar terdapat pada hari sabtu 10 Juni 2017 pukul 11.00-12.00 sebesar 789 kendaraan/jam. Arus lalu lintas maksimum setelah menggunakan metode MKJI 1997 sebesar 515,4 smp/jam. Jalan Bypass Kota Gorontalo waktu terakhir diperbaiki yaitu pada bulan agustus tahun 2016 dan waktu terakhir di survei yaitu pada bulan juli 2017 dan menghasilkan umur jalan yaitu 11 bulan atau 7920 jam. pertumbuhan  volume  lalu lintas  dari  waktu  ke  waktu  semakin  cepat  dan  meningkat,  sehingga  kerusakan jalan menjadi lebih cepat terjadi dari waktu yang telah direncanakan sebelumnya.

 

 

Kata kunci : Volume, kerusakan jalan, lalu lintas

Published
2019-09-28
Section
Articles