PERANCANGAN KAWASAN WISATA PANTAI DUNU DENGAN KONSEP ECO-TECH ARCHITECTURE

  • Sahbudin Latif STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kawasan Wisata, eco-tech architecture

Abstract

ABSTRAK

 

Pariwisata selalu dipandang sebagai sektor penting dalam pembangunan wilayah karena terbukti mampu memberikan stimulasi positif dalam pertumbuhan perekonomian dan perbaikan kehidupan sosial, terutama pada daerah sekitar obyek wisata dan pada wilayah dalam lingkup yang lebih luas.

Dalam perancangan Kawasan Wisata Pantai Dunu ini, pembahasan di batasi pada hal-hal yang berkaitan dengan disiplin ilmu Arsitektur, dengan melihat Kawasan Wisata Pantai ini sebagai kawasan yang ramah lingkungan dengan memadukan teknologi yang berkembang saat ini, yang diharapkan fungsi kawasan ini mampu menjadi salah satu wadah penunjang sektor Pariwisata di Kabupaten Gorontalo Utara.

Kawasan Wisata Pantai Dunu ini dirancang dengan Konsep dan acuan perancangan seperti yang telah diuraikan pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan yang bisa didapatkan adalah Lokasi yang terpilih berada pada kawasan pantai yang masih alami dan membutuhkan perancangan dan penataan untuk dapat menarik wisatawan yang dapat berkunjung kelokasi tersebut. Dan Sistem struktur dan material bangunan yang digunakan menyesuaikan dengan kondisi alam dan iklim setempat.

 

Kata Kunci : Kawasan Wisata, eco-tech architecture

Published
2019-09-28
Section
Articles