EVALUASI SISTEM DRAINASE DI KELURAHAN BUGIS KOTA TIMUR GORONTALO

  • Desrin S Buta STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Azis Rachman STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Rahmaway Ntau STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Curah Hujan, Drainase, Dimensi

Abstract

ABSTRAK

Saat ini begitu banyak permasalahan lingkungan yang terjadi. Salah satunya adalah masalah banjir atau genangan air yang disebabkan oleh kelalaian kita dalam menjaga lingkungan. Persoalan ini diakibatkan karena kurangnya perhatian dalam megelola sistem drainase.

Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Bugis Kota Timur Gorontalo, dengan mengumpulkan data dari instansi terkait berupa data curah hujan di stasiun Telaga Bunggalo dan Bone Tumbihe. Sesuai dengan hasil perhitungan analisis curah hujan rencana diperoleh curah hujan rencana dengan kala ulang 5 tahun sebesar 122,068 mm yang digunakan untuk mengetahui besar debit banjir.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh besarnya debit yang ada pada   saluran yang terputus sebesar   = 4,48204 m3/det dan    = 8,63479 m3/det untuk saluran yang tidak terputus. Hasil dari perhitungan dimensi saluran untuk lebar dasar saluran (b) antara 0,09 m - 0,79 m dan kedalaman saluran (h) antara 0,07 m – 0,64 m untuk keseluruhan saluran baik yang terputus maupun tidak terputus.

 

Kata Kunci : Curah Hujan, Drainase, Dimensi

Published
2019-09-27
Section
Articles