PERENCANAAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK DENGAN METODE PERT PADA PEKERJAAN PEMELIHARAAN BERKALA JALAN SAWAH BESAR

  • Arpin Eto STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Yusuf Tuloli
  • Azis Rachman STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Metode PERT, Probabilitas, Rentang Distribusi

Abstract

ABSTRAK

 

Di Indonesia ataupun di negara lain pembangunan dilaksanakan dalam berbagai proyek. Untuk itu diperlukan pengelolaan ataupun manajemen yang baik dan berkualitas. Sukses tidaknya suatu proyek amat ditentukan oleh kebijakan yang diambil. Ini berarti pada saat memulai dan menyelesaikan proyek perlu direncana, diorganisasi, diarahkan, dikoordinasi dan diawasi dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu untuk pembangunan diperlukan landasan proyek yang baik antara lain dengan mempertimbangkan waktu sehingga tidak akan mengakibatkan keterlambatan.

Salah satu metode yang digunakan untuk perencanaan waktu pelaksanaan suatu proyek adalah metode PERT (Project Evalution and Review Technique) atau teknik evaluasi dan peninjauan ulang proyek. Jika pada metode-metode yang lain digunakan suatu pendekatan determinitas satu angka yang menyatakan suatu kepastian, maka pada metode PERT digunakan pendekatan probabilitas tiga angka yang dipersiapkan untuk menghadapi situasi dengan tingkat ketidakpastian yang tinggi.

Hasil perhitungan rencana waktu pelaksanaan yang dilakukan dengan metode PERT diperoleh lintasan kritis pada kegiatan A (Mobilisasi), C (Galian Biasa), E (Lapis Pondasi Agregat Kelas B), F (Lapis Pondasi Agregat Kelas A), H (Lapis Aus Aspal Beton (AC-BC)), J (Lapis Aus Aspal Beton (AC-WC)) dan L (Lapis Pondasi Agregat Kelas B Bahu Jalan) dengan rentang distribusi 3S = 3,00, sehingga diperoleh penyelesaian proyek dengan waktu paling cepat 38 – 3,00 = 35,00 hari dan penyelesaian waktu paling lambat 38 + 3,00 = 41,00 hari. Setelah dilakukan analisis dengan target waktu penyelesaian proyek (Td) sebesar 35 hari kemungkinan/peluang proyek itu dapat selesai 100 % sebesar 0,09 %, apabila semua pekerjaan ditargetkan selesai 100 % pada hari ke-38, maka kemungkinan/peluang proyek tersebut dapat selesai 100 %  sebesar 51,20 %, apabila semua pekerjaan ditargetkan selesai 100 % pada hari ke-41, maka kemungkinan/peluang proyek tersebut dapat selesai 100 %  sebesar 99,91 %.

 

 

Kata Kunci : Metode PERT, Probabilitas, Rentang Distribusi

Published
2019-09-25
Section
Articles