PERANCANGAN TERMINAL DENGAN KONSEP HISTORIKAL DI GORONTALO

  • Hermanto Saleh STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Perancangan Pembangunan Terminal Type A

Abstract

ABSTRAK

 

Terminal adalah tempat kendaraan umum/angkutan umum  atau bus untuk berhenti  menurunkan/menaikkan dan tempat penumpang untuk menunggu pemberangkatan ketempat tujuan. Perkembangan suatu daerah dengan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya yang semakin meningkat dapat berpengaruh pada transportasi darat karena transportasi ini sangat mudah dan murah sehingga bisa menjangkau kalangan ekonomi menengah untuk melakukan perjalanan menggunakan angkutan bis.

Oleh karena itu, diperlukan suatu perancangan terminal di Kabupaten Gorontalo tepatnya di Kecamatan Tibawa. Pertimbangan pengambilan lokasi yang paling utama yaitu karena objek adalah terminal dengan skala Provinsi juga disekitar lokasi merupakan area rencana pengembangan sehinga memaksimalkan penghadiran objek ini.

Pada dasarnya perencanaan bentuk objek ini mengambil filosofi bulat telur yang berkesan tidak monoton dan bersifat fleksibel, karena berdasarkan hasil pengamatan visual perancang pada bangunan sejenis sebagian besar terminal yang ada mempunyai gubahan bentuk yang monoton. Adapun untuk tampilan bentuknya perancang mengambil langgam arsitektur modern.

Dengan adanya Perencanaan Pembangunan Terminal Type A di Gorontalo ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Gorontalo, mulai dari penyedia jasa sampai pengguna jasa dan pemerintah Provinsi Gorontalo itu sendiri.

 

Kata kunci :  Perancangan Pembangunan Terminal Type A.

Published
2019-09-25
Section
Articles