ANALISIS KINERJA DAN KAPASITAS ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN ACHMAD NADJAMUDDIN KOTA GORONTALO

  • Venny F. Lamani STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Azis Rachman STITEK Bina Taruna Gorontalo
  • Abdul Fandit Ahmad STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Kecepatan Tempuh, Waktu Tempuh, Tingkat  Pelayanan Jalan

Abstract

ABSTRAK

Sebagai kota dengan predikat kota jasa, kota Gorontalo merupakan salah satu daerah dengan tingkat gangguan lalu lintas yang cukup besar. Gorontalo juga merupakan kota dengan tingkat perkembangan penududuk tinggi. Hal ini diprediksi akan mempengaruhi permasalahan transportasi. Keadaan ini dialami oleh Jalan Raden Saleh sebagai salah satu jalan di pusat perkotaan yang cukup sering terjadi masalah pada ruas jalannya. Analisis dan evaluasi perlu dilakukan agar tercipta efisiensi dan kenyamanan dalam berlalu lintas.

Analisis yang dilakukan mengacu pada manual yang sesuai dengan kondisi ruas lalu llintas di Indonesia. Dalam hal ini dilakukan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk memperhitungkan kinerja lalu lintas yang meliputi analisis operasional dan perencanaan untuk ruas jalan perkotaan. Selanjutnya untuk menentukan kriteria tingkat pelayanan (LOS) mengacu padaperaturan menteri Perhubungan No: KM 14 tahun 2006. Data lalu lintas di peroleh dari pencacahan jumlah kendaraan dilapangan yang dilakukan selama 6 hari pada jam – jam sibuk dan di sajikan dalam bentuk tabel data kendaraan, kemudian di analisis kinerja lalu lintasnya.

Kecepatan kendaraan ringan sebagai parameter kinerja juga mengalami penurunan tiap tahunnya, sehingga waktu tempuh menjadi lebih lama. Hal ini menunjukan bahwa ruas jalan Raden Saleh memerlukan antisipasi untuk peningkatan kinerja jalan tersebut. Hal ini ditunjukan dengan penurunan derajat kejenuhan, kecepatan tempuh kendaraan ringan dan waktu tempuh.

 

Kata Kunci : Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Kecepatan Tempuh, Waktu Tempuh, Tingkat  Pelayanan Jalan.

Published
2019-09-25
Section
Articles