TINJAUAN PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN NASIONAL “RUAS STRATEGIS NASIONAL TOLINGGULA – MARISA IV”

  • Djoko Sumarsono Masloman STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Jalan, Geometrik, Alinyemen

Abstract

ABSTRAK

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang memiliki potensi untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan perkembangan daerah yang dilaluinya. Sebagai akses penghubung jalan memegang peranan penting dalam sektor transportasi khususnya dalam pendistribusian barang. Keberadaan jalan raya sangat diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi seiring dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil yang merupakan sentra produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau perencanaan trase dan geometrik jalan sesuai kondisi kelayakan teknik perenncaana jalan berdasarkan hasil pengukuran .

Metode analisis dilakukan dengan meninjau dua titik yang di anggap paling berbahaya ( Extream ) dengan tinjauan secara horizontal dan vertikal. Data pendukung yang digunakan didapatkan dari hasil wawancara, obserasi / pengamatan dan studi lliteratur berupa data primer dan sekunder.

Untuk ruas Marisa – Tolinggula tergolong jalan arteri kelas II dengan kecepatan rencana 80 Km/Jam dengan kelandaian alinemen vertical maksimum sebesar 4.5 % sehingga terbentuk PVI sebanyak 7 buah dan alinemen horizontal di tinjau pada 4 tikungan (1 tikungan Circle – Circle dan 3 tikungan Spiral – Circle – Spiral).

Kata Kunci : Jalan, Geometrik, Alinyemen

Published
2019-09-25
Section
Articles