EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN MADURA KOTA GORONTALO

  • Adrian Abdul STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Tingkat Kerusakan Jalan, PCI

Abstract

ABSTRAK

 

Kerusakan jalan disebabkan oleh beban roda kendaraan berat yang lalulalang (berulang-ulang), kondisi muka air tanah yang tinggi, akibat dari salah pada waktu pelaksanaan, dan juga bisa akibat kesalahan perencanaan. Dengan berbagai penyebab kerusakan ini tentu masyarakat akan semakin tahu bahwa kerusakan ini disebabkan oleh beban roda kendaraan  berat yang sering berlalu-lalang, pada umumnya perkerasan dapat digunakan untuk memikul beban lalu lintas, tapi jika beban ini berlebih (over loading), maka yang terjadi adalah perkerasan jalan raya akan rusak sebelum waktunya. Dan kerusakan ini akan menimbulkan kerugian besar untuk memperbaikinya

Jenis kerusakan dan Dimensi kerusakan jalan didapat dengan melakukan survei. Peralatan yang digunakan adalah meteran, kertas, alat tulis, formulir survei dan kamera. Peralatan yang digunakan adalah meteran, kertas, alat tulis, formulir survei dan kamera.

Kerusakan jalan Madura Kota Gorontalo didominasi oleh jenis kerusakan pelepasan butir sebesar  66,82%. Jenis kerusakan yang terdapat pada jalan Madura Kota Gorontalo adalah seperti: Retak Kulit Buaya (Alligator Cracking), Retak Melintang (Transvers Cracking), Retang Memanjang (Long Cracking) dan Tambalan  (Patching) dan Pelepasan butir (Ravelling).

 

Kata Kunci : Tingkat Kerusakan Jalan, PCI

Published
2019-09-25
Section
Articles