ANALISA DISTRIBUSI DAN KEHILANGAN AIR PDAM UNIT TELAGA KABUPATEN GORONTALO

  • Yusri Husin Pilomonu STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Distribusi Air Bersih, Kehilangan Air

Abstract

ABSTRAK

 

         PDAM Unit Telaga terletak dikawasan strategis yang berbatasan dengan kota Gorontalo. Hal ini sangat berpengaruh pada kondisi wilayah dan pelayanannya. Upaya PDAM Unit Telaga dalam melayani konsumennya banyak mengalami hambatan, baik secara teknis maupun non teknis. Distribusi dan kehilangan air merupakan masalah pokok dalam penyelenggaraan pelayanan air bersih. Kondisi ini memberikan gambaran bahwa kehilangan air merupakan masalah utama dari suatu proses pelayanan air secara keseluruhan.

            Metode penelitian yang dilakukan bersifat studi kasus dengan melakukan analisa dan evaluasi terhadap data-data yang diperlukan antara lain data jumlah penduduk, jumlah pelanggan serta data produksi dan distribusi air PDAM unit Telaga selama 5 tahun terakhir. Penelitian ini dibagi dalam beberapa tahapan kegiatan yaitu: proyeksi jumlah konsumen dan jumlah pemakaian air bersih, analisis kebutuhan dan tingkat pelayanan air bersih dan evaluasi terhadap distribusi tingkat kehilangan air di PDAM Unit Telaga.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas distribusi air PDAM pada Tahun 2025 dalam melayani kebutuhan pelanggan menurut perkiraan jumlah penduduk sebesar 312.31 1t/dt dari total jumlah konsumen 102,793 jiwa. Cakupan pelayanan pada tahun 2014 telah mencapai 55.16%. Tingkat kehilangan air yang terjadi pada sistem penyediaan air bersih SPAM Telaga diperkirakan untuk jaringan distribusi rata-rata sebesar 34% dan di jaringan transmisi rata-rata sebesar 26%, masih berada diatas ambang batas yang ditetapkan yaitu 20%.

 

 

Kata Kunci : Distribusi Air Bersih, Kehilangan Air

Published
2019-09-24
Section
Articles