STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN ASPAL MINYAK DENGAN ASPAL BUTON LAWELE PADA CAMPURAN ASPAL CONCRETE BASE COURSE (AC-BC) MENGGUNAKAN METODE MARSHALL TEST

  • Fahrul Al-Amri STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Aspal Minyak, Aspal Buton, Lawele, Marshall Test

Abstract

ABSTRAK

 

Campuran beraspal merupakan bagian perkerasan lentur  yang terletak dibagian atas atau diatas lapis poondasi. Karena letaknya diatas maka campuran beraspal harus tahan terhadap pengausan akibat beban roda kendaraan dan pengaruh lingkungan (panas matahari dan air hujan). Disamping itu, campuran aspal dituntut untuk memiliki kekuatan yang baik sehingga dapat mengeliminasi tegangan vertical.

Campuran Aspal Concrete Base Coarse (AC-BC) merupakan bagian dari perkerasan lentur yang berfungsi sebagai lapis pondasi. Pada Penelitian ini di lakukan pengujian perbandingan penggunaan aspal minyak dengan aspal buton dengan menggunakan method karakteristik marshall mulai dari kepadatan, rongga dalam campuran, rongga dalam agregat, rongga terisi aspal, stabilitas marshall, stabilitas flow dan hasil bagi marshall sehingga akan diperoleh karekteristik sesuai dengan spesifikasi teknik 2010. 

Dari hasil studi perbandingan campuran ac-bc, penggunaan aspal minyak, aspal buton dengan variasi kadar aspal minyak, maka diperoleh campuran yang provorsional yaitu, campuran ac-bc dengan menggunakan aspal buton 25% dari berat agregat dan campuran ac-bc dengan kadar apal minyak  5,0 %, memiliki grafik stabilitas yang hamper sama akan tetapi pada campuran tambahan lawele memiliki stabilitas flow yang relativ tinggi. Sehingga penulis menyimpulkan penggunaan tambahan asbuton memiliki keunggulan dipergunakan untuk konstruksi jalan lingkungan dan untuk pekerjaan pemeliharaan jalan lingkungan sehingga perlu dikembangkan oleh instansi pemerintah maupun swasta guna perkembangan jaringan transportasi di provinsi gorontalo pada khususnya dan Negara Indonesia pada umumnya.   

 

Kata Kunci : Aspal Minyak, Aspal Buton, Lawele, Marshall Test.

Published
2019-09-23
Section
Articles