ANALISIS KINERJA PERSIMPANGAN JALAN M.H THAMRIN DAN JALAN MERDEKA

  • Fitria Soraya Saleh STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Persimpangan, Volume, Lalu Lintas

Abstract

ABSTRAK

 

Persimpangan Jalan M.H Thamrin dan Jalan Merdeka merupakan simpang empat yang sering terjadi kemacetan dan kecelakaan. Banyaknya aktivitas di persimpangan jalan seperti aktivitas anak-anak yang tujuan ke sekolah dan pengunjung ke rumah makan serta parkiran pengunjung dan kendaraan umum yg memarkir kendaraan sembarangan sehingga sering terjadi kemacetan dan hampir menggunakan seluruh badan jalan. Hal ini menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas yang mengakibatkan meningkatnya konflik yang timbul dan dapat menyebabkan menurunnya kecepatan arus lalu lintas serta tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja persimpangan Jalan M.H Thamrin dan Jalan Merdeka di Kota Gorontalo serta mengetahui tingkat pelayanan persimpangan jalan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode MKJI 1997, dengan mengolah data primer dan data sekunder ke dalam perhitungan nilai kapasitas, nilai derajat kejenuhan, nilai tundaan simpang, nilai peluang antrian, dan tingkat pelayanan.

Dari hasil analisis data diperoleh bahwa volume arus lalu lintas maksimum terjadi pada hari kamis pukul 08.00-09.00 sebesar 1852 kend/jam atau 1016 smp/jam. Nilai kapasitas adalah 1888 smp/jam lebih besar dari volume lalu lintas yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu 1852 smp/jam sehingga kapasitas ruas jalan simpang empat Jln. MH. Thamrin dan Jln. Merdeka masih bisa menampung volume lalu lintas di jalan tersebut. Nilai derajat kejenuhan adalah 0.538 dengan tingkat pelayanan D dimana pada kondisi ini arus mendekati tidak stabil dengan volume lalu lintas tinggi dan kecepatan masih ditolerir namun sangat terpengaruh oleh perubahan kondisi arus, kepadatan lalu lintas sedang fluktuasi volume lalu lintas dan hambatan temporer dapat menyebabkan penurunan kecepatan yang besar, serta pengemudi memiliki kebebasan yang sangat terbatas dalam menjalankan kendaraan, kenyamanan rendah, tetapi kondisi ini masih dapat ditolerir untuk waktu yang singkat.

 

Kata Kunci : Persimpangan, Volume, Lalu Lintas

Published
2019-09-23
Section
Articles