ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PELENGKAP JALAN BAGI PEJALAN KAKI DI JALAN JAKSA AGUNG

  • Supriyanto Supriyanto STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kebutuhan, fasilitas pelengkap jalan, pejalan kaki

Abstract

ABSTRAK

 

Jalan Jaksa Agung Suprapto merupakan salah satu jalan yang sangat kompleks mengingat letaknya berada dipusat Kota Gorontalo dan pada jalan ini terdapat berbagai fasilitas umum seperti Sekolah, Kampus, Ruang Terbuka Hijau (Taman), Perkantoran dan beberapa Pusat Perbelanjaan sehingga aktifitas sehari-hari dijalan ini sangat padat. Dengan padatnya aktifitas dijalan Jaksa Agung Suprapto akibat kurangnya fasilitas pelengkap jalan ditambah dengan pemilik kendaraan yang memarkir kendaraan di bahu jalan menyebabkan terjadinya kesemrautan yang menyebabkan sering terjadi kemacetan dan aktifitas menjadi terhambat.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan fasilitas pelengkap jalan bagi pejalan kaki di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997.

Hasil analisis data yang diperoleh volume lalu lintas maksimum pada hari Kamis pukul 06.00 – 08.00 Wita sebesar 527 kendaraan dan jumlah pejalan kaki maksimum terjadi pada hari Jumát pukul 06.00 – 08.00 Wita sebanyak 251 orang dan menyebabkan jalan Jaksa Agung Suprapto mempunyai kelas gesekan samping yang sangat tinggi (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997.

 

Kata kunci : Kebutuhan, fasilitas pelengkap jalan, pejalan kaki

 

Published
2019-09-23
Section
Articles