PENGARUH MEDIA PADA RUAS JALAN LIMBOTO-ISIMU

  • Zulkarnain Habibie STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Median, Kecepatan, Arus Lalu – lintas, Kepadatan

Abstract

ABSTRAK

 

Ruas jalan Limboto – Isimu adalah jalan trans Sulawesi yang merupakan sarana transportasi yang sangat mendukung terhadap kemajuan ekonomi masyarakat Gorontalo. Kebutuhan akan transportasi semakin bertambah. Fasilitas – fasilitas trasnportasi pun semakin beragam, diantaranya fasilitas tersebut adalah median jalan. Saat pelebaran jalan dilakukan di ruas jalan Limboto – Isimu dan belum dibuatkan median, banyak terjadi kecelakaan lalu lintas, kecepatan kendaraan yang tidak stabil dan tidak terarah yang menyebabkan pengendara lain serta masyarakat sekitar tidak nyaman. Untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah Provinsi Gorontalo membuatkan median. Median yang dibuat bertujuan untuk mengurangi kecelakaan, menambah kenyamanan pengendara, menambah keindahan jalan serta mengatur kestabilan arus lalu – lintas.

Untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan  median maka diperlukan data lalu lintas harian rata-rata dan data headway sebelum adanya median. Data ini diperoleh dari Dinas PU Provinsi Gorontalo, data pada bulan Juli 2010. Dari data tersebut dihitung kecepatan, arus dan kepadatan yang terjadi, kemudian dibadingkan dengan data survei saat penelitian yang telah dianalisis.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kecepatan lau lintas rata-rata sebelum ada median sebesar 76,33 Km/jam dan setelah ada median kecepatan rata-rata menjadi 51,57 Km/jam. Arus lal lintas sebelum ada median sebesar 370,77 Kendaraan/jam dan setelah ada median menjadi 561 Kendaraan/jam. Kepadatan lalu lintas sebelum ada median sebesar 4,86 Kendaraan/km dan setelah median menjadi 10,88 kendaraan/km. Dapat disimpulkan bahwa median dapat mempengaruhi kecepatan, arus dan kepadatan rata – rata lalu lintas.

 

Kata Kunci : Median, Kecepatan, Arus Lalu – lintas, Kepadatan

Published
2019-07-29
Section
Articles