TINJAUAN RUMAH POMPA SEBAGAI SALAH SATU PENGENDALIAN BANJIR DI KOTA GORONTALO

  • Nuraini Alinti STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: rumah pompa, curah hujan, banjir

Abstract

ABSTRAK

Banjir adalah masalah klasik yang tidak akan pernah tuntas. Hal ini dikarenakan banyak  faktor. Faktor utama yang sering menjadi persoalan adalah sarana prasarana serta daya dukung lingkungan yang tidak sesuai lagi dengan peruntukannya. Salah satu solusi pengendalian banjir adalah dengan adanya rumah pompa (pump gate).  Penanggulangan banjir yang sering dibuat kebanyakan tidak bisa menyelesaikan masalah banjir itu sendiri. Penanggulangan banjir yang sering kita kenal adalah pengendalian banjir dimana dengan membuat infrastruktur berupa drainase, bangunan pintu air  dan bangunan air lainnya. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas adalah rumah pompa yang menjadi salah satu cara dalam menanggulangi banjir di Kota Goorontalo.

Penelitian dilakukan di sekitar keadaan rumah pompa (Pump Gate) yang berada di muara sungai Tanggikiki tepatnya berada di kelurahan Biawao kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dimana pada hasil penelitian ini air hanya sedikit naik walaupun belum musim penghujan, dengan mengumpulkan data dari instansi terkait yaitu berupa data curah hujan dan data jaringan drainase Kota Gorontalo. Permasalahan yang sering terjadi adalah rumah pompa yang ada belum optimal dikarenakan pada saat hujan lokal atau  hujan dengan durasi yang kecil atau sedang air banjir sudah menggenangi rumah penduduk dengan ketinggian yang bervariasi antara 25 -75 cm dengan  debit yang dihitung memberikan hasil 7.37935 m3 /det

Penyebab terjadinya banjir bukan hanya karena saat terjadi musim penghujan, tetapi dilihat dari kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang masih kurang peduli, banyak sampah yang masih dibuang pada saluran drainase yang ada di lingkungan setempat. Selain itu juga adalah sistem pengelolaan lingkungannya yang seiring dengan kecenderungan semakin meningkatnya penduduk di wilayah perkotaan.

 

Kata kunci : rumah pompa, curah hujan, banjir

Published
2019-09-23
Section
Articles