ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PROYEK REKONSTRUKSI PADA RUAS JALAN KWANDANG – MOLINGKAPOTO PROV. GORONTALO

  • Ana Yuliana STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: optimalisasi, bar chart, monitoring

Abstract

ABSTRAK

 

Paket Rekonstruksi Jalan Kwandang-Molingkapoto yang direncanakan memakan biaya Rp.15.285.712.000 dengan jangka waktu pelaksanaan 210 hari kalender dengan targer 4,56 km dibagi dalam 4 segmen . Proyek ini mengalami perubahan target menjadi 7,227 km dengan 9 segmen pada saat dilakukan mutual cek awal pelaksanaan.

Untuk menyelesaikan perubahan target, pelaksanaan paket ini dilakukan dengan metode bar chart, manajemen waktu, dan manajemen peralatan untuk mengendalikan pelaksanaan sesuai dengan waktu kontrak.

Dengan hasil yang diperoleh bahwa pembangunan jalan rekonstruksi kwandang-molingkapoto selesai sebih awal dari masa akhir kontrak, maka kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat melakukan perbaikan jalan nasional dengan program percepatan pelaksanaannyauntuk meningkatkan mutu jalan nasional di Kabupaten Gorontalo pada khususnya dan Provinsi Gorontalo pada umumnya. Selain itu pembangunan tersebut diupayakan mendorong tumbuhnya kegiatan masyarakat pengguna jalan sekaligus memberikan manfaat dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan pada umumnya.

 

Kata Kunci: Optimalisasi, Bar Chart, Monitoring

Published
2019-09-21
Section
Articles