ANALISIS KINERJA ARUS LALU LINTAS SIMPANG TIGA JL.HUSNI THAMRIN – JL.KALIMANTAN

  • Ari Putra Rachman STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: MKJI 1997, volume, kapasitas, kinerja

Abstract

ABSTRAK

 

Jalan Husni Thamrin dan Jalan Kalimantan merupakan persimpangan yang memiliki tingkat arus lalu lintas yang cukup tinggi. Pada jam – jam sibuk atau waktu tertentu. Simpang ini sering mengalami kemacetan dan hambatan samping hal ini menyebabkan kemacetan dan hambatan samping hal ini karena adanya kenderaan-kenderaan yang sering parker sembarangan dan adanya rumah makan yang tidak meiliki tempat parker. Untuk itu perlu di teliti lebih jauh mengenai kinerja dan pengaturan lalu lintas.

Penelitian ini dilakukan di jalan Nani Wartabone Kota Gorontalo simpang tiga, dan menggunakan Metode MKJI 1997. Data-data yang diambil berupa data primer dan data sekunder. Data primer didapat dengan cara observasi langsung di lokasi penelitian yaitu mengetahui volume kenderaan, kapasitan, tundaan dan  peluang antrian. Data sekunder memberikan data tentang jumlah penduduk, peta jalan,  jumlah kenderaan gorontalo, kecelakaan lalu lintas. Waktu penelitian di lapangan dilakukan selama tiga hari yaitu dari pukul 06.00-18.00 Wita.

Berdasarkan hasil analisis kinerja arus lalu lintas, diperoleh hasil perhitungan Volume lalu lintas maksimum terjadi pada hari Senin pukul 12.00 – 13.00 Wita yaitu sebanyak 2458 kend./jam. Nilai derajat kejenuhan yaitu 0.79 . maka tingkat pelayanan di ruas Jalan Husni Thamrin dan Jalan Kalimantan Kota Gorontalo termasuk dalam kategori E, dimana kondisi arus tidak stabil, kecepatan lalu lintas sekitar 50 km/jam, permintaan mendekati kapasitas.

 

Kata Kunci: MKJI 1997, volume, kapasitas, kinerja

Published
2019-09-21
Section
Articles