ANALISIS NERACA AIR DAERAH ALIRAN SUNGAI BIYONGA

  • Siti Farhah Bokings STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: kebutuhan air, ketersediaan air, neraca air

Abstract

ABSTRAK

 

   Sungai Biyonga merupakan sungai permanen yang airnya mengalir sepanjang musim. Sungai Biyonga memiliki luas DAS sebesar 74,12 Km2 dan panjang sungai utama 27,52 Km. Sungai Biyonga menjadi sumber kebutuhan air bersih dan kebutuhan air pertanian bagi masyarakat limboto dan sekitarnya. Oleh karena itu sungai biyonga ini sering mengalami masalah dalam keseimbangan air karena kebutuhan air melebihi ketersediaan air yang ada.

Metode penelitian ini dilakukan bersifat analisis data yang diperlukan antara jumlah data penduduk, data curah hujan, data debit air, data klimatologi. Adapun penelitian ini meliputi perhitungan kebutuhan air, ketersediaan air dan analisis neraca air sampai dengan tahun 2020 dengan menggunakan Metode Geometrik, Metode F.J Mock, Metode Penman Dan Metode Weitbull.

Perhitungan diperoleh jumlah kebutuhan air domestik dan irigasi  berkisar antara 0,15 m3/detik sampai dengan 0,45 m3/detik. Ketersediaan air untuk sungai biyonga dianggap konstan sebesar 0,39 m3/detik sampai dengan 1,98 m3/detik. Sehingga perhitungan analisis neraca air sungai biyonga diperoleh  sebesar 0,15 m3/detik sampai dengan 1,65 m3/detik. kondisi ini menunjukan bahwa ketersediaan air mencukupi kebutuhan air masyarakat limboto dan sekitarnya.

 

Kata Kunci : Kebutuhan air, Ketersediaan air, Neraca Air

Published
2019-09-21
Section
Articles