EVALUASI KINERJA PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA GORONTALO

  • Isran Y. Mahmud STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: sistem pengangkutan, traveling salesman problem (TSP), efisien, optimum

Abstract

ABSTRAK

 

   Masalah utama yang dihadapi Kota Gorontalo saat ini adalah sampah. Tingginya laju timbulan sampah yang terjadi sering tidak tertangani secara cepat dan tepat. Ditambah lagi dengan sistem pengangkutan yang tidak efisien dan efektif serta jumlah sarana kendaraan pengangkutan sampah yang masih kurang memadai menyebabkan dampak negatif  berupa gangguan kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkugan. Penelitian ini bertujuan mengkaji tingkat efisiensi kondisi eksisisting pelayanan sistem pengangkutan sampah di wilayah Kota Gorontalo serta mengoptimasi sistem pengangkutan sampah untuk meningkatkan cakupan layanan pengelolaan sampah yang optimum.

Dalam penelitian ini akan dilakukan kajian terhadap faktor-faktor yang menjadi efisiensi pengangkutan sampah melalui tinjauan aspek teknis, finansial dan kelembagaan. Aspek teknis dilakukan dengan mengkaji sistem pengangkutan sampah dari sumber sampah sampai ke lokasi tempat pembuangan akhir (TPA). Aspek finansial meliputi biaya investasi, biaya operasional pengangkutan sampah dan biaya pemeliharaan kendaraan pengangkut sampah. Aspek kelembagaan meliputi bentuk badan/institusi, struktur organisasi, personalia dan tata laksana kerja yang mendukung  pola pengangkutan sampah yang efisien.

                Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperoleh suatu hasil kajian penelitian mengenai sistem pengangkutan sampah yang efisien untuk meningkatkan cakupan pelayanan pengelolaan sampah yang optimum.

Kata Kunci : sistem pengangkutan, Traveling Salesman Problem (TSP) , efisien dan   optimum

Published
2019-09-21
Section
Articles