ANALISA INSTALASI PENGOLAHAN AIR MINUM PDAM KOTA GORONTALO

  • Triyanto Triyanto STITEK Bina Taruna Gorontalo
Keywords: evaluasi, instalasi, pengolahan air, kualitas air

Abstract

ABSTRAK

 

                Air merupakan salah satu kebutuhan utama dalam menunjang kehidupan manusia. Dewasa ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang seksama dan cermat. Kebutuhan air minum terus meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan aktifitasnya. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Kota Gorontalo secara umum, maka kebutuhan akan air minum juga akan terus meningkat.

                Kinerja Instalasi Pengolahan Air diketahui melalui evaluasi dengan meninjau kualitas air baku yang digunakan, kualitas air produksi yang dihasilkan dan kapasitas Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tanggilingo, adapun metode penelitian yang dilakukan adalah observasi secara langsung ke instalasi pengolahan tersebut. Hasil dari evaluasi yang dilakukan diketahui bahwa untuk kapasitas IPA pada awalnya direncanakan untuk 15.000 pelanggan dan pada saat ini jumlah pelanggan sudah mencakup sebesar 22.000 pelanggan maka dari itu untuk kapasitas yang ada sudah tidak memenuhi lagi dan perlu adanya perbaikan atau penambahan unit-unit pengolahan.

                Adapun pemenuhan air minum untuk kebutuhan masyarakat di Kota Gorontalo harus ada penambahan kapasitas pengolahan air minum, sehingga kepuasan dari konsumen akan kebutuhan air minum bisa terlayani sepenuhnya dengan baik.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Instalasi Pengolahan Air, Kualitas Air

Published
2019-09-21
Section
Articles